Koefisien bentuk kapal

Koefisien bentuk kapal secara garis besar di kelompokkan menjadi 4 bagian yaitu, koefisien waterline kapal, koefisien block kapal, koefisien prismatik, dan koefisien midship. setelah kemarin kapal cargo blog menghadirkan postingan tentang ukuran utama kapal sekarang saatnya kita melangkah pada koefisien bentuk kapal. ikuran utama kapal dan koefisien bentuk kapal merupakan data awal yang kita butuhkan dalam merencanakan penggambaran kapal. salah satunya untuk menggambar lines plan kapal, nah kalo mau belajar tentang lines kapal langsung saja deh ke blog sohib saya silahkan klik disini

ya udah, cekidot kita lanjutkan tentang koefisien bentuk kapal. berikut adalah uraian tentang koefisien bentuk kapal.

Koefisien garis air kapal (Cwl)

Koefisien garis air kapal ( coefficient waterline) dengan notasi Cwl atau α.


Silahkan lihat gambar penentuan koefisien water lina kapal berikut

 Gambar Koefisien water line kapal


Koefisien water line/koefisien garis air kapal (Cwl) adalah perbandingan antara luas bidang garis air muat ( Awl ) dengan luas sebuah empat persegi panjang dengan lebar B.

Cwl =Awl/Lwl

dimana :

Awl = Luas bidang garis air.

Lwl = Panjang garis air.

B = Lebar kapal ( Lebar Garis Air ).

Pada umumnya nilai Koefisien garis air kapal  (Cwl) terletak antara 0,70 ~ 0,90


Koefisien midship kapal(Cm)
koefisien midship kapal atau Koefisien Gading besar dengan Notasi Cm ( Midship Coeficient )


Gambar Koefisien midship kapal


Koefisien midship (Cm) adalah perbandingan antara luas penampang gading besar yang terendam air dengan luas suatu penampang yang lebarnya = B dan tingginya = T.


Cm = Am/ B . T.

Penampang gading besar ( midship ) yang besar terutama dijumpai pada kapal sungai den kapal – kapal barang sesuai dengan keperluan ruangan muatan yang besar. Sedang bentuk penampang gading besar yang tajam pada umumnya didapatkan pada kapal tunda sedangkan yang terakhir di dapatkan pada kapal – kapal pedalaman.

Harga koefisien midship  terletak antara 0,50 ~ 0,995 dimana harga yang pertama di dapatkan pada kapal tunda sedangkan yang terakhir di dapatkan pada kapal – kapal pedalaman.

Bentuk penampang melintang yang sama pada bagian tengah dari panjang kapal dinamakan dengan Paralel Midle Body.


Koefisien Blok Kapal ( Block Coeficient )
Koefisien blok kapal adalah merupakan perbandingan antara isi karena dengan isi suatu balok dengan panjang = Lwl, lebar = B dan tinggi = T. Koefisien Blok dengan Notasi Cb. 


 Koefisien Blok kapal


Cb = V / Lwl. B.T

Dimana
V = Isi karene (volume balok)
Lwl = Panjang garis air.

B = Lebar karene atau lebar kapal.
T = Sarat kapal.


Dari harga Cb dapat dilihat apakah badan kapal mempunyai bentuk yang gemuk atau ramping. Pada umumnya kapal cepat mempunyai harga Cb yang kecil dan sebaliknya kapal – kapal lambat mempunyai harga Cb yang besar.
Harga koefisien blok kapal (Cb) terletak antara 0,20 ~ 0,84.


Koefisien Prismatik Kapal (Cp) Prismatik Coefficient 


Gambar koefisien prismatik kapal


Koefisien prismatik kapal di bagi menjadi 2 bagian yaitu koefisien prismatik memanjang (biasa disebut koefisien prismatik horizontal atau longitudinal) dan yang kedua adalah koefisien prismatik Vertikal (biasa disebut koefisien prismatik tegak).
  • Koefisien Prismatik Memanjang ( Longitudinal Prismatic Coeficient ).

    Koefisien prismatic memanjang dengan notasi Cp adalah perbandingan antara volume badan kapal yang ada di bawah permukaan air ( Isi Karene ) dengan volume sebuah prisma dengan luas penampang midship ( Am ) dan panjang Lwl
Cp = V/Am.Lwl

Dimana :
V = Isi Karene.

Am = Luas penampang gading besar ( luas midship ).

Lwl = Panjang garis air.

Kalau dijabarkan lebih lanjut rumus tersebut menjadi Cp = Cm/Cb Seperti dijabarkan berikut ini.

Cp = V/Am.Lwl...................(1)

Cb = V/Lwl.B.T

V = Lwl. B.T.Cb .................(2)

Cm = Am/B.T
Am = B.T.Cm .....................(3)


Kalau ( 2 ) dan ( 3 ) dimasukkan pada ( 1 ), maka diperoleh :
Cp = (Lwl.B.T.Cb)/(Lwl.BT.Cm)

Cp =Cb/Cm


Jadi koefisien prismatik memanjang sama dengan koefisien balok dibagi koefisien midship. Harga Cp pada umumnya menunjukkan kelangsingan bentuk dari kapal.


Harga Cp yang besar terutama menunjukkan adanya perubahan yang kecil dari bentuk penampang melintang disepanjang panjang Lwl. Pada umumnya kapal mempunyai harga koefisien prismatik kapal (Cp) yang terletak antara 0,50 dan 0,92.
  • Koefisien Prismatik tegak dengan notasi Cpv adalah perbandingan antara volume badan kapal yang ada dibawah permukaan air ( Isi Karene ) dengan volume sebuah prismayang berpenampang Awl dengan tinggi = T.
 Cpv = V/Awl T
dimana
V = Isi Karene.

Awl = Luas Penampang garis air.

T = Sarat air.


Kalau dijabarkan lebih lanjut dengan mengganti harga V = Lwl B.T.Cb dan Awl = Lwl.B.Cwl, maka di peroleh Harga : Cpv = V/Awl.T.

Cpv =(Lwl BT Cb)/(Lwl BT Cwl)

Cpv = Cb/Cwl


oke deh beres sudah maslah ukuran utama kapal dan koefisien bentuk kapal, sekarang yang jadi pertanyaan apakah dengan kedua data ini anda sudah bisa menggambar kapal????yup sudah bisa tapi pasti gambarnya sangat awur-awuran alias asal jadi. karena anda masih membutuhkan data kecepatan kapal yang akan di gambar, displasment, bobot mati kapal dan lain2-lain. ya udah sampe disini dulu saja deh pembahasan tentang koefisien bentuk kapal 

1 comment:

  1. good information bang..
    thank you...

    ReplyDelete

Follow