KAPAL TENAGA SURYA TERBESAR 2011

kapal tenaga surya adalah jenis kapal yang sumber energi penggerak kapal berasal dari tenaga matahari.
kapal tenaga surya terbesar di dunia tahun 2011 yaitu Planet Solar. kapal planet solar adalah kapal bertenaga matahari dimana panel tenaga mataharinya- photpvoltaic modules - berukuran 500 m2 yang berada di bagian atas kapal dan bisa menampung tenaga matahari sebesar 103.4 kW.  Selain juga memiliki baterai yang mampu membuat kapal itu bergerak selama 3 hari tanpa menggunakan tenaga matahari.
kapal Planet Solar sendiri berukuran panjang 30 m dan lebar 15 meter, dan berbobot 60 ton dan bisa menampung sekitar 50 penumpang. Kapal tenaga surya ini dibuat di Knierim Yacht Club di Kiel, Jerman bagian utara  selama 14 bulan dan menelan biaya sekitar $13,6 Juta.

Adapun pemilik kapal ini bernama Immo Stroeher dan Raphael Domjan dari Swiss dimana tim Planet Solar terdiri dari ahli fisika, ahli mesin, pembuat kapal, dan spesialis pelindung lingkungan.
berikut video kapal tenaga surya terbesar di dunia 
kapal tenaga surya terbesar di dunia 2011
silahkan klik DOWNNLOAD untuk menikmati video kapal tenaga surya terbesar2011
berikut adalah kutipan kalimat pada video kapal tenaga surya terbesar 2011 diatas "Inilah kapal yang digembar-gemborkan sebagai kapal bertenaga surya terbesar di dunia. Dengan panjang hampir 100 kaki, lebar 50 kaki, dan bobot 60 ton, kapal bernama "Planet Solar" ini dilengkapi dengan modul PV atau fotovoltaik, dan diluncurkan di Monako pada hari Senin.

Pengusaha Jerman Immo Stroeher, dan pendiri proyek Swiss Raphael Domjan, berhasil mewujudkan mimpi mereka dengan memecahkan rekor perjalanan keliling dunia dengan kapal tersebut, membuktikan bahwa tenaga surya cukup layak untuk transportasi.

kapal menggunakan baterai khusus, hingga ia dapat berlayar selama tiga hari tanpa tenaga surya baru.

Menurut pembuat kapal Jerman, kapal harus mampu mencapai kecepatan hingga 15 mil perjam. Enam dari awak kapal berharap, perjalanan keliling dunia ini akan selesai dalam 160 hari, dengan rencana pemberhentian di Miami, Cancun, San Fransisco, Sydney, Singapura, dan Abu Dhabi."
satu bulan setelah mereka memulai perjalanan mengelilingi dunia dalam sebuah kapal bertenaga surya, kru Eropa dari kapal Tûranor PlanetSolar berhasil menarik rasa ingin tahu beberapa penghuni lokal Samudra Atlantik.
"Kami berlayar beriringan dengan paus sperma selama hampir 20 menit," kata nakhoda kapal, Patrick Marchesseu. "Mereka kedengarannya merasa nyaman dengan tamu yang tidak menimbulkan kebisingan."

kapal tenaga surya terbesar 2011 saat mengelilingi dunia berbobot 95 ton yang tidak berisik tersebut mulai bertolak pada bulan September 2010 dari Monaco untuk suatu perjalanan yang diperkirakan menghabiskan waktu delapan bulan. Kapal senilai 17,5 juta dollar AS itu bisa mencapai kecepatan 12 knot dan bertujuan untuk menunjukkan potensi perjalanan bebas polusi udara.

Kapal ini memang sepenuhnya menggunakan matahari sebagai sumber tenaga. Sinar matahari mengenai 825 panel surya—beberapa dipasang di bagian sayap yang diperpanjang—yang dapat menghasilkan listrik sampai 93,5 kilowatt. Baterai lithium-ion di kedua pengapung menggerakkan kapal tersebut pada malam hari dan cukup untuk melewati tiga hari penuh tanpa sinar matahari. Sebuah komputer mengendalikan aliran energi ke baterai tersebut dan motor-motor yang menggerakkan baling-baling kapal pesiar sepanjang 1,8 meter.

Meski modern, selama menjelajah dunia, beberapa tradisi pelayaran masih dilakukan. Tradisi itu antara lain dilakukan saat pelayaran pertama melintasi Khatulistiwa. Kata pemimpin proyek, Gerhard Beinhauer, saat itu dilakukan pula suatu upacara atau ritual perjalanan "Dengan Dewa Neptunus, yang dibantu oleh Helios, Dewa Matahari."

Selama upayanya mengelilingi dunia, Tûranor PlanetSolar berlayar pada lintasan 30 derajat garis lintang Khatulistiwa untuk memaksimalkan paparan sinar matahari. demikian postingan saya yang dihimpun dari beberapa sumber tentang kapal tenaga surya terbesar 2011

KAPAL TUNDA

Kapal tunda merupakan jenis kapal khusus yang di gunakan untuk menarik atau mendorong kapal di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai. Kapal ini digunakan pula untuk menarik tongkang, kapal rusak dan peralatan lainnya dan memiliki tenaga yang besar bila dibandingkan dengan ukurannya.
berikut ini adalah gambar kapal tunda
gambar kapal tunda

Sesuai dengan daerah pelayarannya (menurut Tasrun Sjahrun) kapal tunda dapat digolongkan menjadi:
  1. Kapal tunda pelayaran besar (Ocean Going Tug)  merupakan salah satu jenis kapal tunda yang daerah pelayarannya di laut luar dan kapal ini biasanya digunakan sebagai penyuplai bahan bakar dari hasil kilang minyak (Anchor Handling Suplay Vessel).
  2. Kapal tunda pelayaran pantai (Coastwise and Estuary Tug) merupakan jenis kapal tunda yang daerah pelayaran hanya disekitar perairan pantai.
  3. Kapal tunda pelabuhan dan pengerukan (Estuary and Harborur), merupakan salah satu jenis kapal tunda yang digunakan untuk menarik atau mendorong kapal yang ada di pelabuhan dan juga berfungsi sebagai penarik kapal keruk.
  4. Kapal tunda perairan dangkal (Shallow Draught Pusher Tug) merupakan jenis kapal tunda yang memiliki sarat rendah.
  5. Kapal tunda sungai dan dok (River and Dock Tug) merupakan jenis kapal tunda yang memiliki kemampuan tarik kurang dari 3 knot dan hanya menunda kapal disekitar area sungai.
Bangunan kapal tunda hampir sama dengan bangunan kapal barang. Hanya saja tidak dilengkapi dengan palka barang besar, sehingga ukurannya lebih kecil untuk tenaga penggerak yang sama. Karena kapal tunda dirancang untuk dapat melakukan bermacam pekerjaan seperti menarik, menunda, menggandeng dan menambatkan kapal-kapal dan alat apung lainnya yang mempunyai bobot jauh lebih besar. Begitupula dengan konstruksi nya dirancang lebih kuat untuk menahan getaran dan kapal ini dilengkapi dengan peralatan tarik seperti towing hook, stabilizher guilding ring, towing beam, dan juga derek tambang tarik pada geladak tengah kapal.
Tenaga penggerak kapal tunda ini biasanya didasarkan pada permintaan pemilik yang umumnya bervariasi antara 300-1500 hp dengan kecepatan jarak kurang dari 14 knot. Hampir semua sistem propulsi nya memakai satu atau dua baling-baling dengan tenaga penggerak berupa mesin diesel yang dapat dikendalikan langsung, baik untuk tenaga kecil maupun tenaga besar.
Secara umum kecepatan kapal tunda ditentukan oleh besar daya mesin dan tipe propeller, oleh karena itu pada saat perencanaan kapal baru kecepatan kapal sudah ditentukan untuk memprediksikan sistem propulsi yang dipergunakan untuk mengetahui daya mesin sebuah kapal terlebih dahulu harus diketahui tahanan total kapal dan mengacu pada dimensi kapal atau bentuk badan kapal. Perubahan kecepatan akan berdampak pada perbedaan daya mesin dalam hal ini yaitu nilai Brake Horse Power (BHP) kapal tersebut.
kapal tunda memiliki kemampuan manuver yang tinggi, tergantung dari unit penggerak. Kapal Tunda dengan penggerak konvensional memiliki baling-baling di belakang, efisien untuk menarik kapal dari pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Jenis penggerak lainnya sering disebut Schottel propulsion system (azimuth thruster/Z-peller) di mana baling-baling di bawah kapal dapat bergerak 360° atau sistem propulsi Voith-Schneider yang menggunakan semacam pisau di bawah kapal yang dapat membuat kapal berputar 360° adalah karakter dari kapal tugboat atau sering disebut kapal tunda

cara cepat instal windows xp windows 7 dan vista

cara cepat instal windows xp, windows 7, dan windows vista merupakan tutorial komputer yang sangat cocok buat anda yang ingin belajar windows. 
nah hari ini kapal cargo blog sengaja memposting tulisan yang tidak ada hubungannya dengan kapal soalnya besok kan libur trus kalo biasax kapal cargo blog sepi pengunjung di hari libur. maklum lah orang-orang kan malas juga kalo cari tugas tentang kapal di hari libur, kan tidak selamanya anak kapal kalo OL searchingx masalah kapal terus, boleh saja dong kalo anak kapal searching masalah tutorial ato apapun itu. yang penting jangan yang jorok-jorok ya...
ngomongin soal instal windows di laptop, hari ini sudah 2 laptop yang saya instal padahal saya punya janji penting ama orang penting tapi sy batalkan gara2 instal windows ini....
 
oke cekidot kita bahas masalah cara cepat instal windows di laptop atau pc anda...tap point2 di bawah ini adalah alat yang digunakan :
  • jangan lupa sediakan laptop atau pc yang mau di instal, kn tdk mungkin mau instal windows trus laptop ato pc tdk ada. nah ini lah contoh orang yang tdk waras.
  • buat anda yang ingin menginstal windows pada laptop jangan lupa sediakan charge anda. soalnya takutx pas instal windows ntar laptopx lobet.
  • yang selanjutnya sediakan master windows xp,windows 7 atau vista. pilih salah satunya. tapi kalo punya semuax justru lebih bagus
  • .siapkan driver laptop ato pc anda.
langkah selanjutnya adalah tahap instal windows di laptop or pc anda.
  • disini adalah tahap yang membedakan tutorial cara cepat instal windows yang saya sajikan dengan cara pada umumnya.
  • bawa semua alat yang digunakan untuk menginstal laptop di atas ke rumah teman anda yang jago instal windows.
  • bilang sama dia "tolong instalkan windows di laptop saya" (kurang lebih waktu yang digunakan untuk mengungkapkan kalimat itu sekitaran 1 menit"
  • selanjutnya silahkan anda tinggalkan rumah teman anda, dan hepi2 deh....(jgn lupa sms teman anda tentang laptop anda, biasanya sih kalo saya lagi instal windows butuh waktu 1 jam sampai kelar semuanya)
  • tahap terakhir, ambil laptop anda yang telah di instal dan jgn lupa cukup bilang "terima kasih"
gimana mudah bukan????....ini adalah cara cepat, praktis, mudah, dan gampang instal windows xp, windows 7 dan vista. anda tidak perlu repot2 dan hanya membutuhkan waktu paling lama 5 menit untuk mengungkapkan kalimat dalam tanda kutip diatas.
tutorial ini adalah cara teman2 saya menginstal laptop, mereka datang pada saya trus bilang minta tolong dan pergi dgn kata terima kasih..sekian tips dan trik buat orang yang malas belajar cara cepat instal windows xp windows 7 dan vista

KONSTRUKSI BURITAN KAPAL

Buritan kapal adalah bagian belakang dari kapal. Di bagian buritan terdapat instrumen pengendali (rudder dan lain sebagainya). Bagian buritan dari kapal perang dipakai sebagai tempat mendarat helikopter. Pembagian kapal berdasarkan bentuk buritan yaitu sebagai berikut :
  1. Buritan berbentuk sendok
  2. Buritan berbentuk miring
  3. Buritan berbentuk siku
 A. KONSTRUKSI LINGGI BURITAN KAPAL
Konstruksi linggi buritan adalah bagian konstruksi kapal yang merupakan kelanjutan lunas kapal. Bagian linggi ini harus diperbesar atau diberi boss pada bagian yang ditembus oleh poros baling-baling, terutama pada kapal-kapal yang berbaling-baling tunggal atau berbaling-baling tiga. Pada umumnya linggi buritan dibentuk dari batang pejal, pelat, dan baja tempa atau baja tuang.
Kapal-kapal biasanya mempunyai konstruksi linggi buritan yang terbuat dari pelat-pelat dan profil-profil yang diikat dengan las lasan, sedangkan untuk kapal besar berbaling-baling tunggal atau berbaling-baling tiga mempunyai konstruksi linggi buritan yang dibuat dari bahan baja tuang yang dilas. Dengan pemakaian baja tuang, diharapkan konstruksi liggi buritan dapat dibagi menjadi dua atau tiga bagian baja tuang yang akan dilas digalangan. Hal tersebut juga untuk mendapatkan bentuk linggi yang cukup baik. Pada kapal yang menggunakan jenis kemudi meletak tanpa balansir, linggi buritan terdiri atas dua bagian. Bagian tersebut ialah linggi kemudi dan linggi baling-baling. Linggi kemudi juga dapat dibuat dari baja tuang dengan diberi penegar-penegar melintang dari pelat. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan kekuatan yang cukup, akibat tekanan melintang kemudi pada saat diputar ke kiri atau ke kanan.

B. Sekat Ceruk Buritan KAPAL
Seperti telah dijelaskan pada bab sebelumnya, sekat ceruk buritan disamping untuk membatasi ceruk buritan dengan ruang muat atau kamar mesin juga berfungsi untuk pegangan (tumpuan) ujung depan tabung poros baling-baling. Sesuai dengan ketentuan dari Biro Klasifikasi, pemasangan ceruk buritan pada jarak sekurang-kurangnya tiga sampai lima kali jarak gading diukur dari ujung depan bos poros baling-baling dan harus diteruskan sampai ke geladak lambung timbul atau sampai pada plat-form kedap air yang terletak diatas garis muat. Seperti halnya sekat-sekat lintang lainnya, sekat ceruk buritan terdiri atas beberapa lajur pelat dengan penegar-penegar tegak. Karena sekat ini digunakan untuk batas tangki, tebal pelat sekat dan ukuran penegar ditentukan berdasarkan perhitungan tebal pelat sekat untuk tangki dan penegar tangki. Demikian pula pada daerah sekat yang ditebus oleh tabung poros baling-baling harus dilengkapi dengan pelat yang dipertebal.

C. Ceruk Buritan KAPAL
Ceruk buritan merupakan ruangan kapal yang terletak dibelakang dan dibatasi oleh sekat melintang kedap air atau sekat buritan. Ruangan ini dapat dimanfaatkan untuk tangki balas air meupun untuk tangki air tawar. Bagian buritan pada umumnya berbentuk cruiser/ellips, bentuk yang menyerupai bnetuk sendok dan transom, yaitu bentuk buritan dengan dinding paling belakang rata.Konstruksi buritan direncanakan dengan memasang gading-gading melintang balok-balok geladak, wrang, penumpu samping, penumpu tengah, dan penguat-penguat tambahan lain.
Ada kapal yang penumpu tengahnya dibuat ganda membentuk kotak pada daerah garis tegak buritan, karena pada bagian ini dilalui poros kemudi yang akan dihubungkan dengan mesin kemudi diatas geladak. Bentuk kotak dapat juga diteruskan keatas sampai geladak, sehingga membentuk selubung kotak (ruddertrunk) yang berfungsi sebagai pelindung poros kemudi. Wrang-wrang buritan direncanakan mempunyai tinggi yang sama seperti wrang alas dasar ganda, kecuali wrang-wrang alas ceruk buritan disekitar tabung poros baling-baling. Wrang-wrang alas yang tinggi ini harus diberi pebegar untuk mencegah melenturnya pelat.
okay... jangan lupa beri komentar soalnya nih postingan ampun amburadul skali n saya juga lagi tidak konsen soalnya lagi asyik nungguin pertandingan bola madrid vs barca...anda dukung siapa????? klo saya dukung the special one...sekian postingan saya tentang konstruksi buritan kapal

FREE DOWNLOAD VIDEO KAPAL

video kapal laman ini khusus untuk anda yang ingin download gratis video kapal

1. video kapal cargo terbesar di dunia
video kapal cargo terbesar di dunia
silahkan klik untuk DOWNLOAD



2. Video kecelakaan kapal
video kecelakaan kapal
silahkan klik disini untuk DOWNLOAD

3. video kecelakaan kapal (video kapal terbakar)
video kecelakaan kapal (video kapal terbakar)
silahkan klik DOWNLOAD untuk melihat video ini


4. video kecelakaan kapal (sebenarnya video ini sangat tidak menarik)
 video kecelakaan kapal
silahkan klik DOWNLOAD untuk melihat video ini

5. video kecelakaan kapal 
video kecelakaan kapal
silahkan klik DOWNLOAD untuk melihat video ini

6. video kapal pada saat menerjang ombak
video kapal pada saat menerjang ombak
silahkan klik DOWNLOAD untuk melihat video ini


7. video kapal aneh-kapal tugboat tertimpa jangkar kapal berukuran besar
video kapal aneh-kapal tugboat tertimpa jangkar kapal besar
silahkan klik DOWNLOAD untuk melihat video ini


8. video kebakaran kapal
video kebakaran kapal
silahkan klik DOWNLOAD untuk melihat video ini

9. video berita ledakan kapal
video berita ledakan kapal
silahkan klik DOWNLOADuntuk melihat video ini

Lowongan kerja teknik perkapalan mei 2011 di PT. MULTILINE SHIPPING SERVICES

postingan kali ini merupakan hasil setelah saya berselancar dan mendapatkan info Lowongan kerja teknik perkapalan mei 2011 di PT. MULTILINE SHIPPING SERVICES.
PT. MULTILINE SHIPPING SERVICES adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang perkapalan merupakan anak perusahaan PT. Multigroup Logistics Company. Karena perkembangan bisnis yang pesat dan komitmen perusahaan untuk pengembangan sumber daya manusia, perusahaan mencari karyawan untuk bergabung dalam team sebagai :
DPA Officer (Shipping)
(Jakarta Raya)
Requirements: 
  1. Pendidikan D3/S1 Teknik Perkapalan atau Akademi Pelayaran
  2. Pengalaman kerja minimal 2 tahun
  3. Menguasai ISM dan ISPS Code
  4. Memahami penyusunan SMS dan SSP serta menguasai kendali dokumen prosedur SMS dan SSP
  5. Memiliki kemampuan Marine Surveyor
  6. Diutamakan mempunyai sertifikat CSO
  7. Fasih berbahasa Inggris
Kirimkan lamaran dan CV beserta photo terbaru saudara ke alamat :

PT. Multigroup Logistics Company
Gedung Graha Kirana Lantai 7 R. 707
Jl. Yos Sudarso Kav. 88
Jakarta Utara 14350, Indonesia

atau email ke:
Dewi
rtdspv@multigroup.asia
 sumber : jobstreet 
 mudah-mudahan informasi saya ini dapat berguna untuk anda, sukses buat anda, ingat kalo di terima jangan lupa sedekah ya.hehehe....sekian postingan kapal cargo blog tentang info Lowongan kerja teknik perkapalan mei 2011 di PT. MULTILINE SHIPPING SERVICES

lowongan kerja di galangan kapal Cv. Karya Pacific Tehnik Shipyard

iseng baca koran electronic hari ini eh malah dapat info yang sangat penting untuk saya sebarkan untuk anda tentang lowongan kerja di galangan kapal samarinda CV. Karya Pacific Tehnik Shipyard.
CV. Karya Pacific Tehnik (KPT) is a shipyard and docking company that specialize in building and repairing Tugboats, Barges and Landing Craft Transport (LCT). Focusing in customers’ satisfaction on quality and timely delivery are our main priorities. We are proud to be your cost-saving, 24-hour-round-a-clock, total-solutions partner. We have successfully completed the construction of our dry dock with gasbag and slipway system that can service vessels with depth of up to 6 meters. With this new facility, we have the capacity to accommodate 2 massive units of 320ft/98m (10,000 DWT) barges, or 12 units of tugboat with LOA of 30m at a single time! (english tuh sob kalo tidak ngerti translet aja pake mbah google, ini dia sumberx silahkan klik disini)
sedangkan info lowongan kerjanya yang saya baca di koran seperti ini bunyinya :
dibutuhkan segera:
kami perusahaan galangan kapal membutuhkan tenaga :
  1. Design engineer/quality control proficent Autocad
  2. Tukang bubut/machinist
  3. Welder/tukang las
  4. Fitter/tukang setel
  5. Administrasi/Accounting
kualifikasi
  1. pendidikan minimal STM/SMK/SMU atau sederajat (2,3,4,5), D3/S1 (1) mengerti komputer dan internet.
  2. usia 21-45 (1,2,3,4,5)
  3. pengalaman (mohon maaf mata saya buram tdk bisa liat brapa tahun)
  4. jujur, disiplin, pekerja keras, bertanggung jawab....
lamaran disetai CV, Fc ijazah, transkip nilai, ktp, pas foto 4x6..
maaf ya sob kali ini info tentang lowongan kerja di galangan kapal Cv. Karya Pacific Tehnik Shipyard agak buram soalnya saya juga tidak bisa baca tulisannya di E-paper Tribun timur , takutnya saya memberikan informasi yang salah jadi silahkan anda lihat sendiri screen shoot e-paper nya ya.

sumber : e-paper tribun timur, senin 25 april 2011 halaman 23, bursa kerja
(silahkan klik gambar untuk memperbesar)

maaf untuk saat ini saya sangat tidak bisa membantu memberi informasi yang lengkap karena, maklum mata saya lagi buram nih sekian info lowongan kerja di galangan kapal Cv. Karya Pacific Tehnik Shipyard

alat bongkar muat kapal

alat bongkar muat kapal merupakan suatu komponen penunjang dalam proses dan waktu bongkar muat kapal (yaiyalah......boros kata2 dan sangat basi skali ya.hehehe...) sebelum kita membahas alat-alat bongkar muat kapal ada baiknya saya berikan pengantar tentang istilah dalam proses bongkar muat kapal.
berikut adalah istilah-istilah dalam proses bongkar muat kapal :

  1. PORT DUES: Biaya pelabuhan yang dikenakan untuk penggunaan fasilitas-fasilitas pelabuhan dan tidak berhubungan dengan suatu pelayanan khusus pada pelabuhan yang disinggahi.
  2. PORT CHARGES: Pungutan Pelabuhan yang dikenakan untuk suatu pelayanan khusus pada Pelabuhan yang disinggahi.
  3. OVERBRENGAN: (pindah lokasi) memindahkan barang dari gudang/ tempat penumpukan yang satu ke gudang/ tempat penumpukan yang lain dalam daerah pelabuhan atau dari ship side ke gudang khusus untuk ituGILIR KERJA:(shift) adalah jam kerja selama 8 jam termasuk istirahat 1 jam kecuali hari jum’at siang istirahat 2 jam, untuk kegiatan bongkar muat dengan penggantian tenaga kerja bongkar muat pada setiap gilir kerja
  4. GANG TKBM : jumlah tenaga tkbm dalam satu regu kerja
  5. STEVEDORE : pelaksana penyusun rencana dan pengendalian kegiatan bongkar muat di atas kapal 
  6. QUAY SUPERVISOR : petugas pengendali kegiatan operasional b/m di dermaga dan mengawasi kondisi barang sampai ke tempat penimbunan atau sebaliknya.
  7. CHIEF TALLY : penyusun rencana pelaksanaan dan pengendalian perhitungan fisik, pencatatan dan survey kondisi barang pada setiap pergerakan b/m dan dokumentasi serta membuat laporan periodik.
  8. TELLY CLERK : pelaksana yang melakukan perhitungan pencatatan jumlah, merk dan kondisi setiap gerakan barang berdasarkan dokumen serta membuat laporan.
  9. FOREMAN : pelaksana dan pengendali kegiatan operasional b/m dari dan ke kapal sampai ke tempat penumpukan barang atau sebaliknya, dan membuat laporan periodik hasil kegiatan bongkar muat.
  10. MISTRY : pelaksana perbaikan kemasan barang dalam kegiatan stevedoring, cargodoring dan receiving/ delivery
  11. WATCHMAN : pelaksana keamanan barang pada kegiatan stevedoring, cargodoring dan receiving/ delivery (ada filmx nih...kalo menurut arti kata per kata artinya laki2 tukang nonton.hahaha yg ada dlm kurung ini hanya becanda.okay)
  12. SLACK : adalah perbandingan antara kinerja yang mungkin dicapai dengan kinerja yang terealisasi.(oiya ..bukan slank lo ya,kalo slank itu mah grup band andalan saya)
  13. PERALATAN BONGKAR MUAT NON MEKANIK : adalah alat pokok penunjang pekerjaan b/m yang meliputi jala-jala lambung kapal (shipside net), tali baja (wire sling), tali rami manila (rope sling), jala-jala baja (wire net), jala-jala tali manila (rope net), gerobak dorong, palet.
  14. B/M DI REDE : pekerjaan b/m dari kapal yang sandar di dermaga ke tongkang di lambung kapal dan selanjutnya mengeluarkan dari tali/ jala-jala (eks tackle) dan menyusun di tongkang serta membongkar dari tongkang ke dermaga dan sebaliknya.
  15. COMMANDING HATCH :palka yang menentukan dimana palka tersebut memiliki isi kerja yang paling banyak dan paling mungkin mempengaruhi waktu awal atas waktu kerja yang menyeluruh.
  16. LIFO TERM : liner in free out, merupakan kombinasi, memuat dengan menggunakan liner term dan membongkar dengan menggunakan fios term.
  17. FILO TERM : free in liner out, juga merupakan kombinasi, memuat dengan menggunakan fios term dan membongkar dengan menggunakan liner term.
  18. SAGGING : muatan terkosentrasi di tengah kapal
  19. HOGGING : muatan terkonsentrasi diujung-ujung kapal
  20. BULKY : adalah muatan kapal yang bervolume besar tetapi muatannya ringan
  21. OVERSTOWING : adalah gambaran buruknya penumpukan (muatan kapal yang ditumpuk untuk pelabuhan berikutnya di atas muatan muatan pelabuhan bongkar yang lebih awal)
  22. SHIFTING : meindahkan muatan di dalam palka yang sama atau ke palka yang berbeda atau lewat darat
  23. LASHING/ UNLANSHING : mengikat/ memperkuat muatan atau sebaliknya melepaskan pengikat/ penguat muatan
  24. DUNNAGING : memasang atas/ pemisah muatan
  25. SWEEPING : mengumpulkan muatan-muatan yang tercecer
  26. BAGGING/ UNBAGGING : memasukan muatan curah ke dalam karung atau sebaliknya yaitu membuka karung atau sebaliknya yaitu membuka karung dan mencurahkan muatan.
  27. RESTOWAGE: menyusun kembali muatan dalam palka kapal 
  28. SORTING: pekerjaan memilih/ memisahkan muatan yang tercampur atau muatan yang rusak.
  29. TRIMMING : meratakan muatan di dalam palka kapal.
  30. CLEANING : pekerjaan membersihkan palka kapal.
  31. LONGDISTANCE : pekerjaan cargodoring yang jaraknya mellebihi dari 130 meter.
eh iya nih tadi sumber postingan istilah-istilah dalam proses bongkar muat kapal ini, merupakan web yang saya lupa alamatnya.jadi buat anda yang merasa dan membaca postingan ini dan anda adalah sumber dari tulisan istilah-istilah proses bongkar muat kapal,tolong komentari postingan ini biar saya bisa tautkan link anda sebagai sumber tulisan ini.
nah...setelah membahas tentang istilah-istilah dalam proses bongkar muat kapal sekarang saatnya saya paste postingan tentang alat bongkar muat kapal.
adapun alat bongkar muat kapal yaitu sebagai berikut :
  •  CONTAINER CRANE KAPASITAS 40 TON merupakan alat bongkar muat kapal yang Ditempatkan secara permanen di dermaga dan berfungsi sebagai alat utama guna bongkar muat peti kemas dari dermaga ke kapal dan sebaliknya.
gambar alat bongkar muat kapal jenis Container Crane

  • TRANSTAINER KAPASITAS 40 TON Adalah alat bongkar muat kapal untuk mengangkut, menumpuk 4 + 1 tiers, lebar span 6 + 1 rows dan membongkar/memuat peti kemas dilapangan penumpukan (container yard). Alat ini bergerak dan ditempatkan di lapangan penumpukan petikemas.

gambar alat bongkar muat kapal jenis Transtainer

  • FORKLIFT Merupakan alat bongkar muat kapal yang digunakan untuk angkat barang umum/ general cargo dengan kapasitas angkat tertentu dan mempunyai jangkauan pengangkatan yang terbatas.
 gambar alat bongkar muat kapal jenis forklift

  • MOBILE CRANE KAPASITAS < 40 TON Merupakan alat angkat barang umum/ general cargo dengan kapasitas angkat tertentu dan mempunyai jangkauan pengangkatan yang relatif jauh.
gambar alat bongkar muat kapal jenis Mobile Crane

  • REACH STACKER KAPASITAS 40 TON Merupakan alat bongkar muat kapal yang merupakan kombinasi antara forklift dengan mobile crane yang dilengkapi spreader (pengangkat petikemas). Sehingga mampu mengangkat petikemas dan mempunyai jangkauan pengangkatan yang fleksibel (bisa pendek maupun jauh).
gambar alat bongkar muat kapal jenis Reach Stacker

  • TOP LOADER alat bongkar muat kapal ini Seperti forklift tetapi mempunyai kemampuan mengangkat petikemas dan mempunyai jangkauan pengangkatan yang terbatas.
gambar alat bongkar muat kapal jenis top loader

  • TRONTON Adalah truck yang dimodifikasi untuk dapat mengangkut petikemas 20 feet dan mempunyai daya angkut yang terbatas.
  • HEAD TRUCK + CHASSIS adalat alat bongkar muat kapal yang Merupakan truck yang dirancang dapat menarik chassis ukuran 20 feet maupun 40 feet, mempunyai flexibilitas tinggi dalam hal pengangkutan petikemas karena chassis dapat dilepas. Umum dipakai di suatu Terminal Petikemas modern.
gambar alat bongkar muat kapal jenis Head Truck Beserta Chassi 
sumber alat bongkar muat kapal :Berbicara Maritim, Pantai, Pelabuhan dan Laut
kalo boleh jujur saya sangat tidak menguasai materi postingan ini maklum saya dari teknik sistem, nah buat anda yang merasa postingan saya ini buruk silahkan berikan kritik dan komentar tentang alat bongkar muat kapal

Pelabuhan kapal indonesia yang strategis

pelabuhan kapal indonesia yang strategis merupakan hasil dari peran serta Direktorat Pelabuhan dan Pengerukan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam menyebarkan informasi mengenai pelabuhan-pelabuhan Indonesia untuk kepentingan umum.
kali ini kapal cargo blog yang notabene blog copas berhasil berselancar dan mendapatkan informasi mengenai 25 pelabuhan kapal indonesia yang strategis yang bersumber dari kementrian perhubungan republik indonesia
berikut daftar nama pelabuhan kapal indonesia yang strategis :

A. PT. PELABUHAN INDONESIA I 
1. Pelabuhan kapal cabang Belawan
2. Pelabuhan kapal cabang Dumai
3. Pelabuhan kapal Lhokseumawe
4. Pelabuhan kapal Pekanbaru
5. Pelabuhan kapal Tanjung Pinang

B. PT. PELABUHAN INDONESIA II
6.   Pelabuhan kapal Banten
7.   Pelabuhan kapal Palembang
8.   Pelabuhan kapal Panjang
9.   Pelabuhan kapal Pontianak
10. Pelabuhan kapal Tanjung Priok atau klik link disini
11. Pelabuhan kapal Teluk Bayur atau klik disini

C. PT. PELABUHAN INDONESIA III
12. Pelabuhan kapal Banjarmasin
13. Pelabuhan kapal Benoa
14. Pelabuhan kapal Tenau
15. Pelabuhan kapal Tanjung Emas
16. Pelabuhan kapal Tanjung Perak

D. PT. PELABUHAN INDONESIA IV
17. Pelabuhan Kapal Ambon
18. Pelabuhan kapal Balikpapan
19. Pelabuhan kapal Biak
20. Pelabuhan kapal Bitung
21. Pelabuhan kapal Jayapura
22. Pelabuhan kapal Makasar
23. Pelabuhan kapal Samarinda
24. Pelabuhan kapal Sorong

E. Pelabuhan Otorita
25. Pelabuhan kapal Batam

oke untuk anda yang mengetahui info lebih lanjut dan mendownload buka tentang pelabuhan kapal silahkan klik  disini,sekian info copas saya tentang pelabuhan kapal indonesia yang strategis

lowongan kerja teknik perkapalan di PT supra surya Indonesia april 2011

 lowongan kerja teknik perkapalan di PT supra surya Indonesia april 2011 is one of General Contractor that involved in the Construction in Indonesia and the Company has established since 9 July 1980 in Surabaya and has experience in design, fabrication (tanks, steel structure, machinery and electrical components), construction and equipment installation. The Company is lead by professional President Director who has experience in construction and supported by board of Directors and Managers who are expert in design & engineering, fabrication, supply chain, project management and business development. In the Company organization, safety and quality department has big role to ensure that all the design, fabrication, construction and equipment installation are safe and meet the quality standard. We are currently seeking:

1. Maintenance Supervisor (MTS)-Jawa Timur
Requirements:
  • Male, max 45 year
  • Min. D3 from reputable University (majoring in Civil/ Mechanical/ Shipping Engineering)
  • Having Min. 3 years experienced
  • Computer literate and familiar with Autocad
  • English ability (minimal Passive)
  • Good communication, interpersonal, & presentation skills
  • Willing to be placed at outer island
  • The Applicant priority from East Java (JAWATIMUR) area
2. Mechanical Supervisor (MCS)-Jawa Timur
Requirements:
  • Male, max 45 year
  • Min. D3 from reputable University (majoring in Civil/ Mechanical/ Shipping Engineering)
  • Familiar and understand with CNC Programme
  • Having Min. 3 years experienced
  • Computer literate and familiar with Autocad
  • English ability (minimal Passive)
  • Good communication, interpersonal, & presentation skills
  • Willing to be placed at outer island
  • The Applicant priority from East Java (JAWATIMUR) area
3. PPIC-Jawa Timur
Requirements:
  • Male, max 40 year
  • Min. D3 from reputable University (majoring in Civil/ Mechanical/ Shipping Engineering)
  • Having Min. 3 years experienced
  • Computer literate and familiar with Autocad
  • English ability (minimal Passive)
  • Good communication, interpersonal, & presentation skills
  • Willing to be placed at outer island
  • The Applicant priority from East Java (JAWATIMUR) area
Send your complete application, CV, colored photo and write the Position Name for subject, to email :

hrd@pt-ssi.com

or post to :

PT Supra Surya Indonesia
Kantor Mangga Dua Blok A6 - 6
Jl. Jagir Wonokromo 100
Surabaya 60244.
sumber : jobstreet indonesia
oiya sob diatas tuh harus punya pengalaman kerja nah gimana kalo fresh graduete (kayax salah nulis nih), menurut saya silahkan coba saja ya  di lowongan kerja teknik perkapalan di PT supra surya Indonesia april 2011

boiler kapal (ketel uap kapal)

boiler kapal atau dalam bahasa indonesia disebut Ketel Uap adalah alat untuk menghasilkan uap air, yang akan digunakan untuk pemanasan atau tenaga gerak. Bahan bakar pendidih bermacam-macam dari yang populer batubara dan minyak bakar, sampai listrik, gas, biomasa, nuklir dan lain-lain.

Aplikasi boiler di Kapal
Fungsi utama boiler di kapal adalah untuk menghasilkan uap. Uap yang dihasilkan oleh boiler selain sebagai pemanas bahan bakar kapal seperti yang telah disebutkan, juga bisa digunakan untuk menggerakkan turbin uap yang juga digunakan sebagai motor penggerak utama kapal.
boiler kapal (Ketel uap) memanaskan cairan yang ada di dalamnya dan mengubah cairan tersebut menjadi uap. Uap yang telah terbentuk kemudian dialirkan ke bagian bagian yang membutuhkan, bisa untuk menggerakkan turbin uap atau digunakan sebagai sumber panas. 
fungsi boiler di kapal adalah untuk Menghasilkan daya untuk penggerak utama dan penggerak bantu, Untuk peralatan pemanas ( pemanas ruangan, bahan bakar, muatan minyak dln ), Pada kapal tanker digunakan sebagai pembersih tangki minyak ( Tank Cleaning ).
gambar boiler kapal (ketel uap vertikal dan horizontal)
gambar boiler kapal

Boiler kapal merupakan bagian dari peralatan yang digunakan untuk membantu kerja mesin penggerak utama. Dalam melaksanakan kerjanya, boiler kapal membutuhkan beberapa peralatan yang lain. Seperti definisinya, boiler kapal merupakan peralatan yang digunakan untuk mengubah cairan, yaitu air, menjadi uap, maka boiler kapal membutuhkan bahan yang akan diubah menjadi uap, yaitu air ( biasa disebut: feed water). Untuk mengubah cairan menjadi uap boiler membutuhkan panas, panas yang diperlukan diperoleh dari bahan bakar. Aliran cairan sampai menjadi uap digambarkan pada gambar berikut ini:
gambar skema kerja boiler kapal
gambar skema kerja boiler kapal

Jika pompa digunakan untuk memindahkan bahan bakar dari tanki bahan bakar menuju mesin penggerak utama, bagaimana dengan boiler kapal? Boiler kapal memiliki peran yang penting juga dalam operasional mesin penggerak utama. Bahan bakar yang dipindahkan oleh pompa pada umumnya adalah bahan bakar yang memiliki viskositas yang tinggi, viskositas ini mempengaruhi kekentalan bahan bakar. sehingga jika nilai viskositas tidak diturunkan maka bahan bakar akan mengental dan sulit untuk dipompa dan sulit untuk masuk menuju nozzle bahan bakar mesin penggerak utama. Untuk menurunkan kekentalan ini maka bahan bakar harus dipanaskan terlebih dahulu. Proses pemanasan bahan bakar tidak boleh menggunakan api, karena bahan bakar akan dengan mudah terbakar. Proses pemanasan bahan bakar tersebut menggunakan aliran uap panas yang dialirkan melalui pipa –pipa yang dipasang dalam tangki bahan bakar atau pada jalur aliran bahan bakar menuju mesin penggerak utama. Uap panas yang dialirkan tersebut diperoleh dari boiler kapal

lowongan kerja teknik perkapalan di PT Tempstaff Indonesia april 2011

lowongan kerja teknik perkapalan di PT Tempstaff Indonesia april 2011 ini sebenarnya terbuka untuk semua S1 dan D3 TEKNIK.
Tempstaff Indonesia is a member of Temp Holding Group, a famous Holding company in recruitment services in Japan, now gives services in Jakarta. Our Clients are Multi National Companies (Japanese Company) in manufactured parts of automotive, power systems, electrical systems, etc
Our client, Japanese manufacturing for automotive spare part and also electronic are urgently needing :
Production (Karawang - Purwakarta)
 (Jawa Barat - (Karawang / Purwakarta) - Cikarang - Cibitung)

Requirements: 
  1. Male (Female are welcome)
  2. Age 27 - 40
  3. S1 / D3 any discipline (prefer from any engineering)
  4. Foreign language speaking ability (English - Japanese better)
  5. Experience working in Japan will also be benefit
  6. Hard Working, responsible and good analytical thinking
  7. Living in (Karawang / Purwakarta)
  8. Willing to work in (Karawang / Purwakarta) - Cikarang - Cibitung also needed
  9. Familiar in Job Description :
a. Production Controlling :
  • Organize, develop, & leading for production activity, to following production & Shipping schedule, also quality objectives & target
  • Make business plan (machine & line capacity, also for man power), and controlling production cost & time
  • Controlling all shift production, for +/- 400 Production Staff
  • Others
b. Production Engineering :
  • Maintain routine for machine operation
  • Make maintenance action for damage of the machine
  • Make preventive planning for machine in production
  • Modification of the machine  
If you think that you are really the right person to fill this challenging position, please send your application, CV (in Ms Word Format) and recent photograph to:
tempstaff_indonesia@tempstaff.co.id or harry@tempstaff.co.id
For Information Please Call: (021) 579-05-805 - (021) 579-05-805 / ext 111
Visit us at: www.temp-holdings.co.jp or www.tempstaff.co.jp
langsung aja dah sob kirim lamarannya ya semoga sukses, sekian info copas saya tentang lowongan kerja teknik perkapalan di PT Tempstaff Indonesia april 2011

jenis jenis valve (katup)

valve atau juga disebut katup adalah sebuah alat untuk mengatur aliran suatu fluida dengan menutup, membuka atau menghambat sebagian dari jalannya aliran. Contoh yang mudah adalah keran air. Adalah kewajiban bagi seorang insinyur pipa untuk mengetahui setidaknya dasar-dasar dari valve ini. diatas kapal valve sangat memegang peranan penting dalam instalasi pipa, baik itu instalasi pipa bahan bakar kapal , ballast, bilge, sanitary, dan lainnya.
jenis-jenis valve yang sering di gunakan yaitu gate valve, globe valve, Butterfly Valve, ball valve, Plug Valve, dan Check Valve atau Non-Return Valve.
1. Gate valve (katup)
jenis valve ini mempunyai Bentuk penyekat piringan, atau sering disebut wedge, yang digerakkan ke atas bawah untuk membuka dan menutup. Biasa digunakan untuk posisi buka atau tutup sempurna dan tidak disarankan untuk posisi sebagian terbuka.
  • valve (Katup) ini disebut katup gate karena mengandung unsur penutupan disebut gate yang berhenti mengalir. Pintu gate bertindak seperti sebuah rana yang memisahkan bagian dalam rumah dari luar atau pintu yang memisahkan dua kamar.
  • Sebuah disk vertikal bertempat di katup tubuh slide gerbang atas dan bawah pada sudut kanan ke arah aliran dalam pipa, menutup atau membuka katup. Arus diblokir dengan menggunakan efek wedge-lock disc katup/valve itu.
gambar gate valve pada saat tertutup
 gambar gate valve pada saat tertutup

gambar gate valve pada saat terbuka
 gambar gate valve pada saat terbuka

 gambar komponen gate valve
 gambar gate valve

2. Globe Valve
jenis valve globe valve/katup biasanya Digunakan untuk mengatur banyaknya aliran fluida. 
  • Katup globe dinamai sesuai bentuknya. bentuk globe valve memiliki partisi interior, dan katup inlet dan pusat-pusat outlet yang inline. Konfigurasi ini memaksa perubahan arah aliran dalam bentuk S. 
  • Disk menghambat aliran cairan dengan menekan terhadap seat di partisi. Konsep: force againts.
  • dengan mengubah posisi disc valve globe, globe valves dapat di gunakan untuk both throttling  dan untuk full-on, full-off flow control.
gambar komponen valve globe
gambar komponen valve globe (silahkan klik gambar untuk melihat ukuran besar)

3. Butterfly Valve
Bentuk penyekatnya adalah piringan yang mempunyai sumbu putar di tengahnya. jenis valve ini Menurut disainnya, dapat dibagi menjadi concentric dan eccentric. Eccentric memiliki disain yang lebih sulit tetapi memiliki fungsi yang lebih baik dari concentric. Bentuknya yang sederhana membuat lebih ringan dibandingkan valve lainnya. 
gambar komponen Butterfly Valve
gambar komponen Butterfly Valve

6. Check Valve atau Non-Return Valve
jenis valve ini Mempunyai fungsi untuk mengalirkan fluida hanya ke satu arah dan mencegah aliran ke arah sebaliknya. Mempunyai beberapa tipe lagi berdasarkan bagian dalamnya seperti double-plate, swing, tilting, dan axial.
gambar komponen check Valve
gambar komponen check Valve
4. Ball Valve
Bentuk penyekatnya berbentuk bola yang mempunyai lubang menerobos ditengahnya.
gambar komponen ball Valve
gambar komponen ball Valve

5. Plug Valve
Seperti ball valve, tetapi bagian dalamnya bukan berbentuk bola, melainkan silinder. Karena tidak ada ruangan kosong di dalam badan valve, maka cocok untuk fluida yang berat atau mengandung unsur padat seperti lumpur.
cara menentukan jenis valve (katup) yang akan di gunakan
  1. cara menentukan jenis valve (katup) yang akan di gunakan  berdasarkan fungsi valve. jenis valve yang hanya akan digunakan untuk posisi buka atau tutup sempurna, gate, butterfly, ball atau plug dapat digunakan. Jika katup akan digunakan untuk mengatur banyaknya arus (digunakan dalam kondisi antara buka dan tutup) maka globe valve adalah yang paling sesuai. Lain halnya kalau fungsi yang dibutuhkan adalah mencegah adanya arus balik, maka check valve adalah satu-satu nya pilihan.
  2. cara menentukan jenis valve (katup) yang akan di gunakan berdasarkan ukuran valve. Ball, plug atau globe valve cocok untuk ukuran kecil, tetapi untuk ukuran besarkatup akan menjadi sangat berat, tidak efektif dan tidak ekonomis. Menggantinya menjadi butterfly valve adalah suatu jalan yang biasa diambil untuk katup berukuran besar. Tetapi perlu diperhatikan juga bahwa butterfly valve tidak biasa digunakan untuk fluida bertekanan tinggi.
Lalu bagaimana cara memilih jenis valve (katup) antara gate valve dan ball valve yang keduanya mempunyai fungsi yang sama? Struktur dari ball valve memunkinkan penggunaan soft/resilient seat untuk bagian penyekat. Dengan soft seat tersebut, ball valve bisa dibuat dengan jaminan zero leakage yang tidak bisa diaplikasikan pada gate valve. Selain itu, ball valve juga mempunyai sistem quarter turn yang memungkinkan menutup dan membuka katup dengan cepat. Tetapi dengan kelemahan soft seat yang rentan terhadap suhu tinggi, gate valve memiliki keunggulan dengan berat yang lebih ringan dan lebih ekonomis walaupun tidak menjamin zero leakage.
Disinilah dibutuhkan kemampuan seorang insinyur pipa yang bisa mempertimbangkan berbagai hal dalam mengambil keputusan katup manakah yang harus digunakan. Dalam menghadapi hal semacam itu, biasanya seorang insinyur akan mempertimbangkan pelajaran dari disain sebelumnya, baik dari pengalamannya sendiri ataupun dari data-data yang ada. Tabel berikut adalah contoh pegangan untuk memilih katup yang sesuai.
nah ini dia karakter valve berdasarkan jenis valve
karakter valve berdasarkan jenis/tipe valve (silahkan klik tabel untuk memperbesar)
 karakter valve berdasarkan jenis/tipe valve
 karakter valve berdasarkan jenis/tipe valve (silahkan klik tabel untuk memperbesar)
nah itu dia postingan saya tentag jenis valve, cara menentukan valve yang akan digunakan, tabel karakteristik valve diatas mempunyai kesamaan dan perbedaan, selanjutnya anda dapat menetukan jenis-jenis valve (katup)

tahanan pada kapal laut

tahanan kapal laut atau sering disebut hambatan kapal harus di perhatikan Dalam merancang kapal, bentuk badan kapal diusahakan mempunyai tahanan kapal yang rendah bila kapal bergerak diatas air. Sistim propulsor kapal /pendorong, mesin penggerak dan lambung kapal harus dirancang yang paling efisien, yaitu jumlah energi yang diperlukan untuk propulsi kapal harus sekecil mungkin tapi harus mampu memenuhi kecepatan kapal rancang.
HAMBATAN KAPAL DI LAUT TENANG
Hambatan Badan Kapal Yang Bergerak Di Fluida Berpermukaan Bebas
  • Badan kapal bila bergerak disuatu fluida berpermukaan bebas pada kondisi tenang tidak terganggu, maka pada saat bergerak akan menimbulkan gelombang sehingga badan kapal akan mengalami hambatan kapal/ tahanan kapal laut
  • Dalam ilmu fisika fluida dibagi menjadi :
  1. Fluida ideal/tidak berviskositas
  2. Fluida berviskositas
Komponen – Komponen Hambatan kapal/tahanan kapal laut 
  1. Hambatan gesekan (RF) merupakan hambatan kapal yang Ditimbulkan oleh media fluida berviskositas yang ikut terseret badan kapal, sehingga terjadi frictional force.Frictional force berakibat harus keluarnya energi yang terbuang percuma. 
  2. Hambatan gelombang (RW) merupakan Hambatan kapal yang timbul akibat bergeraknya kapal. Dapat terjadi meskipun fluidanya ideal (nonviscous), Gaya yang terlibat adalah potential force.
  3. Hambatan tekanan (RP) merupakan Hambatan kapal yang timbul akibat Gerakan kapal atau benda pada fluida non-ideal (fluida yang berviskositas) akan menimbulkan gaya pressure forces.
  4. Hambatan udara (RA) merupakan Hambatan kapal yang timbul akibat Bangunan atas kapal (superstructure) yang tinggi dengan bentuk tidak streamline.
  5. Hambatan Apendix (RAPP) merupakan Hambatan kapal yang timbul akibat adanya appendages pada lambung kapal di bawah garis air antara lain lunas sayap (bilge keels), penumpu poros propeller, lubang Bow Thruster.
Hambatan kapal laut / tahanan kapal laut yang bergerak di fluida berpermukaan bebas dengan beberapa kondisi 
1. tahanan kapal laut pada kondisi Bergerak didalam fluida yakni didalam air jauh dibawah permukaan:
  • Fluida ideal → hambatan total = 0
  • Fluida berviskositas → hambatan total = hambatan gelombang + hambatan tekanan
2. tahanan kapal laut pada kondisi Bergerak di permukaan bebas (air dan udara):
  • Fluida ideal → hambatan total = hambatan gelombang + hambatan udara
  • Fluida berviskositas → hambatan total = hambatan gelombang + hambatan gesekan + hambatan tekanann + hambatan udara
Komponen-komponen hambatan kapal biasanya digabung menjadi hambatan sisa kapal (RR).
            RR = RW + RP + RA + RAPP
Maka hambatan total kapal (RT)
            RR = RF + RR
dimana: RF = hambatan gesekan

Angka Froude (froude number) 
  • Angka Fr dapat menjadi tolak ukur dalam menentukan jenis kapal apakah dalam kategori kapal cepat dan kapal non-cepat yang tentunya pemilihan koefisien bentuk kapal dalam perancangan.
  • Angka Fr tinggi akan masuk kategori kapal cepat, sedangkan bila nilai Fr rendah, maka kapal tersebut masuk dalam kategori kapal non-cepat.
  • Untuk kapal cepat, hambatan yang dominan adalah hambatan gelombang Rw sehingga RR > RF.
  • Untuk kapal non-cepat hambatan yang dominan adalah hambatan gerekan RF sehingga  pada komposisi RT, RF > RR
  • Angka Fr dan angka Rn juga terkait dengan komponen-komponen hambatan kapal, yakni Rn terkait dengan komponen hambatan gesekan, sedangkan Fr terkait dengan hambatan gelombang atau hambatan sisa.
Fr (foude number) ideal 
  • 0 – 0.18            foude number untuk  kapal Non-cepat
  • 0.20 – 0.23       foude number untuk kapal sedang
  • 0.30 – 0.35       foude number untuk kapal cepat
  • > 0.5                 foude number untuk kapal super cepat
Tahanan Gesek kapal
Tahanan Gesek kapal adalah komponen tahanan yang diperoleh dengan jalan mengintegralkan tegangan tangensial ke seluruh permukaan basah kapal menurut arah gerak kapal.
ini dia gambar aliran diantara pelat yang sejajar (tahanan gesek kapal)
gambar aliran diantara pelat yang sejajar (tahanan gesek kapal)
Kecepatan lapisan yang berjarak y adalah : U = V
Untuk mempertahankan gerakan, harus ada gaya F yang bekerja pada pelat yang bergerak, didapatkan bahwa :  F = Dengan meninjau elemen kecilnya maka tegangan gesernya :
Aliran Laminar dan Turbulence
Gambar Aliran Laminar dan Turbulence :
Gambar Aliran Laminar dan Turbulence


udah dulu ah kalo kita mau bahas tentang tahanan kapal tidak akan pernah ada habis-habisnya nih, cape nih copasx. selamat membaca postingan ane tentang tahanan kapal laut

sumber pencemaran laut

sumber pencemaran laut terdiri dari beberapa bagian yaitu Tumpahan minyak kelaut dari kapal tanker / kapal lainnya, Dari ladang minyak dibawah dasar laut baik melalui rembesan maupun kesalahan pengeboran pada operasi minyak lepas pantai.
Sumber-sumber Pencemaran laut1. Penyebab pencemaran laut
  • sumber pencemaran laut Dari ladang minyak dibawah dasar laut baik melalui rembesan maupun kesalahan pengeboran pada operasi minyak lepas pantai,
  • sumber pencemaran laut Dari kecelakaan pelayaran seperti misalnya kandas,tenggelam dan tabrakan kapal-kapal tanker atau barang yang mengangkut minyak / bahan bakar,
  • sumber pencemaran laut Dari operasi tanker dimana minyak terbuang kelaut sebagai akibat dari pembersihan tangki atau pembuangan air ballast dan lainlain,
  • sumber pencemaran laut Dari kapal-kapal selain tanker melalui pembuangan air bilge ( Got ),
  • sumber pencemaran laut Dari operasi terminal pelabuhan minyak dimana minyak dapat timpah pada waktu memuat / membongkar muatan atau pengisian bahan bakar ke kapal,
  • sumber pencemaran laut Dari limbah pembuangan Refinery,
  • sumber pencemaran laut Dari sumber-sumber darat misaknya minyak lumas bekas atau cairan yang mengandung hydrocarbon,
  • sumber pencemaran laut Dari hydrocarbon yang jatuh dari atmosfir misalnya a; cerobong asap pabrik, cerobong kapal, pesawat terbang dan lain sebagainya.
2.sumber pencemaran laut dari Tumpahan minyak kelaut dari kapal tanker / kapal lainnya dapat dibagi dalam 4 kelompok :
  • sumber pencemaran laut Dari Pembuangan minyak yang timbul sebagai akibat dari pengoperasian kapal selama menyelenggarakan pencucian tangki
  • sumber pencemaran laut Dari Pembuangan air bilge ( got ) yang mengandung minyak,
  • sumber pencemaran laut Dari Tumpahan yang berasal dari kecelakaan pelayaran antara lain kandas, tenggelam, tabrakan dan lain-lain,
  • sumber pencemaran laut Dari Tumpahan minyak selama Loading, discharging atau bunkering
3. Sebab terjadinya tumpahan minyak dari kapal
1. tumpahan minyak dari kapal  akibat Kerusakan Mekanis
  • Kerusakan dari sistem peralatan kapal,
  • Kebocoran badan kapal,
  • Kerusakan katup-katup hisab atau katup pembuangan kelaut,
  • Kerusakan selang-selang muatan
2. tumpahan minyak dari kapal akibat Kesalahan Manusia
  • Kurang pengetahuan / pengalaman,
  • Kurang perhatian dari personil
  • Kurang ditaatinya ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan
  • Kurang pengawasan.
Kerusakan mekanis dapat diatasi dengan sistem pemeliharaan dan perawatan yang lebih baik serta pemeriksaan berkala oleh pemerintah / Biro Klasifikasi.
Kesalahan manusia dapat diatasi dengan memberikan training kepada personil kapal untuk meningkatkan ketrampilan mereka sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih efektif. Menerapkan sepenuhnya persyaratan perijasahan personil kapal.

4. Sumber pemasukan minyak ke lingkungan laut
Menurut perkiraan keseluruhan minyak bumi yang masuk ke lingkungan laut adalah 3,2 juta metrik ton pertahun. Yang terbanyak adalah adalah dari sumber-sumber di daratan terutama dalam bentuk pembuangan dari kota dan industri. Tumpahan dari kapal karena kecelakaan, ditambah dengan aktivitas eksplorasi dan produksi sebesar 6,47 juta metrik ton, secara relatif kecil kalau dibandingkan dengan produksi dunia sekarang yang besarnya 3 milyar metrik ton, yang setengahnya diangkut melalui laut. 
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Keparahan Tumpahan Minyak
Efek tumpahan minyak terhadap lingkungan ditentukan oleh interaksi antara beberapa faktor biologis dan non biologis.
Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Keparahan Tumpahan Minyak tersebut meliputi :
  • Tipe tumpahan minyak ( sifat fisika dan kimia )
  • Jumlah dan kecepatan minyak yang tertumpah
  • Lama waktu
  • Daerah sekitar secara geografis
  • Luas daerah yang terpengaruh
  • Kondisi meteorologis dan oceanografi
  • Musim
  • Jenis biota yang ada di daerah yang terpengaruh
  • Teknik pembersihan yang dipakai
  • Sifat fisis dari garispantai yang bersebelahan
  • Terjadinya peristiwa biologis khusus migrasi, pembiakan masal, peletakan telur dan sebagainya yang membuat biotabiota menjadi rentan.
Faktor-faktor ini bervariasi dari tumpahan satu dengan lainnya, dengan demikian pengaruh jangka pendek dan jangka panjangnya akan tidak sama pula berpengaruhnya terhadap ekologi tersebut.

penanggulangan pencemaran laut yang disebabkan kapal dalam peraturan marpol

penanggulangan pencemaran laut yang disebabkan kapal dalam peraturan marpol 73/78 BAB. III dari MARPOL Annex I Reg.22 dan 23 mengatur mengenai “ Usaha mengurangi seminim mengkin polusi minyak akibat kerusakan lambung dan plat dasar dari kapal “. Dengan melakukan perhitungan secara hipotese aliran minyak dari tangki muatan, maka pada annex I dibuat petunjuk perhitungan untuk mencegah sekecil mungkin minyak yang tumpah ke laut apabila terjadi tabrakan atau kandas seperti :
  • Semua tanker minyak segala ukuran diharuskan menggunakan Oil Discharge Monitoring (ODM) Centrak Syatem dan oil water separating atau fltering equipment yang bisa membatasi kamdungan minyak dalam air yang akan dibuang ke laut maksimum 15 ppm.
Segregated Ballast Tanks (SBT) sesuai Reg. 13 E, harus berfungsi juga sebagai pelindung atau “ Protective Location “ daerah tangki muatan pada waktu terjadi tabrakan kapal atau kandas, untuk tangker minyak mentah 20.000 dwt atau lebih.
Regulation 24, membatasi volume tangki muatan yang mengatur sedemikian rupa sehingga tumpahan minyak dapat dibatasi bila kapal bertabrakan atau kanda Annex I MARPOL 73/78 berlaku untuk semua jenis kapal, dimana membuang minyak ke laut di beberapa lokasi dilarang dan di tempat lain sangat dibatasi. Karena itu kapal harus memenuhi persyaratan konstruksi dan peralatan serta mempersiapkan “Oil Record Book”
Kapal-kapal ukuran besar dan terlibat dalam perdagangan international harus disurvey dan diberikan sertifikat. Pelabuhan diharuskan menyediakan fasilitas penampungan campuran minyak dan residu dari kapal. Pemerintah negara anggota IMO atau Marine Administration berkewajiban melaksanakannya terhadap kapal sendiri (Flag State Duties), terhadap kapal asing yang memasuki pelabuhannya (Port State Duties) dan terhadap pengawasan pantainya (Coastal State Duties).
Ketentuan selanjutnya mengenai pelaksanaan konvensi MARPOL 73/78 adalah sebagai berikut :
  • Kapal ukuran di bawah dari 400 grt, tidak perlu diperiksa kelengkapannya dan tidak bersertifikat, tetapi harus diawasi agar kapal tetap memenuhi peraturan sesuai Annex I MARPOL 73/78 (Reg.4.2) dan kondisi kapal tetap terpelihara,
  • kapal Tanker ukuran di bawah 150 grt tidak perlu pemeriksaan tidak bersertifikat IOPP ( International Oil Pollution Prevention ), tetapi harus mengikuti peraturan dalam Annex I MARPOL 73/78 dan kondisi kapal serta peralatan lainnya terpelihara ( Re.4.4 ),
  • Oil Record Book tetap dibutuhkandiatas kapal dan diisi sesuai dengan Regulation 15.4.
  • Tanker ukuran 150 grt atau lebih harus memenuhi semua persyaratan sesuai Reg. 4 Annex I dan kondisi serta peralatan kapal harus dipelihara untuk menghindari pencemaran,
  • Sertifikat IOPP hanya untuk tanker yang berlayar Internasional, dan tidak dibutuhkan untuk tanker domestik, tetapi ditentukan sendiri oleh Pemerintah yang ada hubungannya dengan survey (Reg.5).
Kelengkapan Dokumen yang harus dibawa berlayar bersama kapal sesuai dengan Annex I MARPOL 73/78 adalah sebagai berikut :
  • Oil Record Book, Part I mengenai operasi di Kamar Mesin dan Part II operasi Bongkar Muat Cargo dan Air Ballast, Reg. 20,
  • Loading and Damage Stability Information Book Reg, 25,
  • Oil Discharge Monitoring Operation Manual, Reg. 15.3
  • Crude Oil Washing Operation and Equipment Manual, Reg. 13.B
  • Clean Ballast Tank Opeartion Manual, Reg. 13.A,
  • Instruction and Operation Manual of Oil Water Separating and Filtering Equipment. Reg. 16,
  • Shipboard Oil Pollution Emergency Plan, Reg. 26.
yah sob ini dia postingan saya tentang penanggulangan pencemaran laut yang disebabkan kapal dalam peraturan marpol

melintasi laut atlantik menggunakan rakit

melintasi laut atlantik menggunakan rakit, pastilah hal yang sangat mengagetkan.bayangkan laut atlantik yang begitu luas ditaklukan menggunakan rakit.tahu kah anda siapa pelaut ulung itu????yup dia adalah Seorang pelaut Inggris berusia 85 tahun berhasil mewujudkan impian masa kecilnya. Dirinya berhasil melintasi Laut Atlantik hanya dengan menggunakan rakit.

Ditemani tiga rekannya, Anthony Smith membutuhkan waktu dua bulan dalam melintasi Laut Atlantik. Perjalanannya pun terhitung mulus, dirinya hanya dihalangi oleh kerusakan pada bagian kecil dari rakit yang dia gunakan.

Kru kapal ini berangkat dari Pulau Canary, setelah sebelumnya rencana perjalanan sempat tertunda selama satu bulan. Saat memulai perjalanan, kapal ini diisi oleh berbagai makanan seperti jeruk, alpukat, kentang, kol dan labu.

Uniknya rakit ini dibangun dari pipa air yang panjangnya 12 meter dan 14 pipa kecil lainnya. Sementara tujuh pipa digunakan untuk menyalurkan air bersih. Rakit ini juga dilengkapi tiang kapal setinggi 12 meter serta layar yang berukuran 37 meter persegi.
nah ini dia gambar rakit yang menaklukkan laut atlantik
gambar rakit yang menaklukkan laut atlantik

Rakit ini dapat berlayar dengan kecepatan hingga 4 knot. Sedangkan selama mengendalikan rakit, kru diharuskan untuk waspada hingga mereka tidak membaca buku ataupun bermain kartu.

"Saya kira kami semua, menikmati keadaan malam hari dimana kami saling waspada memperhatikan kondisi laut," ungkap Smith seperti dikutip Associated Press, Jumat (8/4/2011).

Aksi yang dilakukan Smith ini merupakan upaya untuk membuktikan bahwa orang lanjut usia masih bisa melakukan kegiatan berbahaya. Mereka melakukan hal ini juga untuk menggalang dana bagi lembaga non-profit Inggris, WaterAid.
sumber : okezone

Lowongan kerja teknik di Total E&P Indonesie april 2011

info Lowongan kerja teknik di Total E&P Indonesie april 2011  yang ane dapat setelah bersetubuh bergulat dengan search engine.
Total E&P Indonesie adalah Sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) BPMIGAS, Total E&P Indonesie memproduksi migas dari lapangan Bekapai, Handil, Tunu dan Peciko yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Total E&P Indonesie didirikan di Jakarta, 14 Agustus 1968, dengan lapangan awal saat itu diseputar delta mahakam. Lapangan awal mereka di bekapai dan Handil kala itu, diperkuat dengan ditemukannya lapangan Tambora di tahun 1974 dan Tunu di tahun 1977. Lapangan Tunu yang dikembangkan di tahun 90-an menjadi penyumbang utama supply gas bagi Total E&P Indonesie hingga kini. Peciko, Selain TOTAL E&P Indonesie, TOTAL SA sebagai perusahaan induk dari TEPI, TOTAL, SA juga memiliki affiliasi downstream di Indonesia, yaitu PT TOTAL Oil Indonesia (TOI)
nah...ini dia infonya..
POSISI SENIOR DEVELOPMENT ENGINEER – ENERGY EFFICIENCY AND ARO STUDIES (10017376) Total E&P indonesie april 2011 
Job Type
  • Company : Total E&P Indonesie
  • Contract  :  permanent position
  • Branch     :  Exploration Production
  • Location  :   Indonesia - Balikpapan
  • Interviews will take place in :     Jakarta-Balikpapan
  • Starting date :     As soon as possible
  • Salary :     According to profile and experience

Job description
1) Perform development studies in the field of Energy Efficiency:
  • Identify areas of improvement on existing facilities or in future developments
  • Develop and propose alternative solutions in order to improve Energy Efficiency or to reduce the emissions of GHG.
  • Evaluate costs and associated economics. Implement Clean Development Mechanism methodology when possible to get benefit of CO2 emissions credits.
2) Perform technical studies for the Assets Retirement Obligations.
  • Study and propose an ARO strategy for Total Indonesia.
  • Perform technical studies in order to define and set up a RES plan for each field / facility operated by Total Indonesia.
  • Evaluate costs and update the overall ARO costs of Total Indonesia on a yearly basis.
3) Support sanction of projects
  • Study and propose a ARO strategy for Total Indonesia.
  • Coordinate the preparation and present the new projects to local authorities (BPMIGAS) and partners (INPEX) in order to obtain their approvals.
  • Prepare dossiers supporting validation of new projects’ definition performed locally by TOTAL technical sanction committees (Quality reviews, COMED, input to Coval…) and internal TI approval
Required skills
Education 
  • Engineering degree
  • Experience
  • 10+ years experience in the oil and gas industry (Exploration & Production)
  • Minimum 3 years experience in Total Indonesia
  • Shall have a good knowledge in the Field Operations, Projects, HSE or Drilling Skills
  • Liaises with Engineering, Projects, DWL and FO entities to build robust and costs effective technical dossiers.
  • Reports to the Head of Development and Planning the progress of Energy Efficiency and ARO projects.
  • Assists architects on the matters of Energy Efficiency and ARO matters for the development studies.
silahkan klik disini untuk membaca Lowongan kerja teknik di Total E&P Indonesie april 2011

Follow