OIL WATER SEPARATOR OWS KAPAL

OIL WATER SEPARATOR "ows" merupakan suatu alat kapal dimana fluida yang tidak saling larut dipisahkan satu sama lainnya karena perbedaan masa jenis (densitas), dalam hal ini fluida yang dimaksud adalah air dan minyak, yang mana berat jenis air lebih besar dari pada berat jenis minyak sehingga saat proses pemisahan terjadi air akan berada di bagian bawah dan minyak akan berada dibagian atas. prinsip kerja pemisahan oil water separator dilakukan dengan mengubah kecepatan dan arah fluida dari sumur (well), sehingga fluida tersebut dapat terpisah.
fungsi Oil water Separator yaitu digunakan dalam penanganan air yang berasal dari bilga dimana air tersebut masih bercampur dengan minyak dan harus dipisahkan sebelum dibuang kelaut. Oil water Separator menggunakan Hukum Stokes untuk mendefinisikan kecepatan terapungya sebuat benda/partikel berdasarkan berat jenis dan ukuranya. Dalam alat ini, minyak akan terakumulasi diatas permukaan air. 
gambar oil water separator "OWS" (sumber : http://alamperkapalan.wordpress.com)

 Bagian – bagian oil water separator "OWS" 
Pada pesawat Oil Water Separator memiliki dua bagian utama antara lain :
  1. Ruang pemisah yang kasar (tbng 1)
  2. Ruang pemisah yang halus (2)
Cara kerja oil water separator "OWS" di atas kapal 
  • Proses Pemisahan pada tabung pertama
Air got yang dipornpa masuk ke tabung pertarna akan menjalani pemisahan dimana air got terscbut akan melewati plat – plat pemisah utama yang terpasang horizontal dalam tabung pemisah sehingga lumpur tidak akan melewati ataupun ikut dengan air got ke ruang.
Air got yang masih mengandung minyak yang melewati plat –plat utama ini akan menjalani proses pemisahan pada plat – plat kedua, sehingga lumpur yang ringan akan tertahan. Selanjutnya dalam tabung ini akan terjadi proses pemisahan dimana prinsip kerjannya berdasarkan berat jenis cairan sehingga minyak yang memiliki berat jenis lebih rendah dari air akan berada dipermukaan air dan terkumpul dalam ruang pengumpulan minyak. Kemudian air got yang telah dipisahkan dengan minyak berdasarkan berat jenis ini, akan disalurkan ke tabung pemisah kedua.
  • Proses pemisah pada tabung kedua
Setelah melalui proses pemisahan pada tabung pemisah pertama, air got yang telah berkurang kandungan minyaknya akan mengalami proses pemisahan lagi, dimana pada tabung pemisah kedua air got akan disaring kembali melalui Coallescer sehingga partikel – partikel minyak akan dialirkan keluar tabung pemisah untuk dibuang ke laut, namun sebelumnya melalui suatu alat pendeteksi kandungan minvak (Oil Content meter) untuk mencegah teriadinya pencemaran di laut
  • Proses Pengeluaran Minyak dari Ruang Pengumpul pada Tabung Pemisah
Setelah mengalami proses pemisahan antara air got dan kandungan minyak dalam tabung, maka kandungan minyak yang terkumpul dalam ruang pengumpul minyak akan terus bertambah selama pompa bilge masih bekerja, hingga pada saat tingkat minyak dalam ruang sudah tinggi, maka alat pengontrol tingkat ketinggian minyak akan bekerja sehingga mengaktifkan katup solenoid untuk membuka. Maka pada saat itulah minyak yang terkumpul dalam ruang pengumpulan akan mengalir ke Waste Oil tank, dengan adannya pengeluaran minyak dalam tabung, maka tingkat ketinggian minyak akan menurun kembali sehingga alat sensor akan mengaktifkan katup solenoid untuk menutup.

pada postingan sebelunya sudah ada postingan mengenai oil purifier kapal  yang juga merupakan alat pemisamih, namun di postingan kali ini anda akan mengetahui perbedaan antara oil purifier dan oil water separator "ows" kapal . nah sekian dulu postingan saya mengenai oil water separator "OWS"

20 comments:

  1. makai bos infonya....!! thankss

    ReplyDelete
  2. maksih kawan tulisannya bisa membantu ane buat materi kuliah,. jayalah maritim indonesia :D

    ReplyDelete
  3. @iqbal adi kumbara : oke deh sob,jayalah maritim indonesia .... :-)

    ReplyDelete
  4. klo pehitungana akurat hasil setiap yang dipisahkan oleh OWS itu sendiri ada tdk? apakah batas yg hrs d buang itu 15ppm?

    ReplyDelete
  5. keren nih infonya bos...
    tapi ada gak foto alat nya langsung? ini kan animasinya aja...
    kalo ada kirim ke email ane ya.
    maliksulaeman@gmail.com

    buat tugas akhir ane nih...
    thanks b4....

    ReplyDelete
  6. mantap bro,,
    makasih banyak atas bantuannya,,

    ReplyDelete
  7. kalau bisa lebih lengkap lagi bos theks infox

    ReplyDelete
  8. kalau lihat konstruksi dan sistem tersebut agak bermasalah. yang terjadi di kapal mengalami goyangan karena ombak terlebih utk kapal kecil. saya jadi berpikir hingga keluar ide, mungkin di dunia ini sudah ada tapi bagi saya blm pernah dengar. ide saya.. bagai mana sistem pada ows mengunakan cara penguapan, saya kira suhu penguapan minyak dengan air jauh berbeda. perbedaan ini yg akan diman faatkan dan say yakin alat ini bebas dari efek goncangan gelombang kecuali kapal terbalik. tanks(wahyu w)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sistem penguapan menggunakan alat pemanas, seperti electric heater, bisa sampai puluhan kw, boros, tidak effisient, waktu proses lama

      Delete
  9. tanks infonya gan.......

    ReplyDelete
  10. menurut agan OWS ini bisa di terapkan di pelabuhan nggak ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  11. menurut anda OWS ini bisa diterapkan pada pelabuhan nggak ya? Terima kasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di jepang tiap pelabuhan sudah menerapkan sistem ini. dan yg kita harapkan di negara kita juga demikian,,,

      itu yg saya tau. apabila ada koreksi monggo. saya juga masih belajar

      Delete
    2. yang saya tau sistim ini sudah diterapkan di seluruh pelabuhan di jepang. dan semoga saja sistim ini dapat diterapkan juga diseluruh pelabuhan di indonesia. mohon dikoreksi jika ada yang salah

      Delete
    3. ya betul yang yusuf rendi bilang, bahkan sekarang digalangan sy bekerja sudah memakai OWS agar lingkungan sekitar galangan tetap terjaga

      Delete
  12. Penjelasan yg lugas Dan sederhana seperti inilah yg layak di acungkan jempol, tanks bro

    ReplyDelete
  13. Penjelasan yg sederhana tapi akurat, tanks bro, sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih umar lestaluhu,mohon saran dan kritiknya juga

      Delete
  14. Salam kenal..
    Saya Tulus dari PT. Supratechnic di jakarta
    Saya tertarik dengan postingan bapak.
    Saya ada product untuk water content measurement buat di Transformer, ship engine, lubricant, hydraulic dll..

    Tulus
    082312841116

    ReplyDelete
  15. Salam kenal..
    Saya Tulus dari PT. Supratechnic di jakarta
    Saya tertarik dengan postingan bapak.
    Saya ada product untuk water content measurement buat di Transformer, ship engine, lubricant, hydraulic dll..

    Tulus
    082312841116

    ReplyDelete

Follow