KECELAKAAN KAPAL LAUT itu salah siapa?

kecelakaan kapal laut merupakan bencana yang dapat di tanggulangi, banyak pihak yang berkaitan dengan kecelakaan kapal, mulai dari awak kapal,designer atau maker kapal, pihak klasifikasi , dan pihak yang memberi izin kapal untuk berlayar. tapi menurut saya tidak ada gunanya saling menyalahkan yang penting saat ini yaitu gimana keselamatan pelayaran itu dapat terwujud (sok bijak ya kata2 ane.heheh..).
tapi menurut anda besarnya angka kecelakaan kapal laut itu salah siapa?????....
hayo siapa yang bisa jawab?? nah kalo ente mau tau jawabannya silahkan ketik reg blabla. kirim ke 007,huahaha.....
faktor-faktor penyebab kecelakaan kapal  merupakan komponen yang sangat penting,ini dia rentetan faktor yang menyebabkan kecelakaan kapal laut :
  1. umur kapal yang sudah tua merupakan fator penyebab kecelakaan kapal,yah layaknya manusia kalo sudah tua pasti tidak mantep lagi. udah reot koq masih berlayar sih, kalo kapal udah tua ya tinggal timbang aja jadi loakan daripada ciloko nantinya,iya kan!!!!...tapi yang masih mengganjal di otak saya yang lelet ini koq bisa ya kapal tua masih di kasih izin berlayar.nah...di poin pertama ini udah ketahuan siapa yang salah iya kan...
  2. kelebihan muatan kapal merupakan faktor penyebab kecelakaan kapal yang kedua, lagi2 sama seperti manusia klo kebanyakan makan kan tidak baik juga, klo dalam islam baiknya kita makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelu kenyang (klo gak salah sih gitu aturan maennya). kelebihan muatan kapal bagaikan manusia yang kelebihan berat badan alias obesitas (klo tidak salah itu istilah kerennya), nah obesitas ini dapat menyebabkan kematian bgitu juga di kapal kalo kelebihan muatan dapat menyebabkan kecelakaan kapal.kalo di poin yang kedua ini udah jelas juga yang salah kalau bukan si A ya si B.
  3. cuaca saat pelayaran dapat menyebabkan kecelakan kapal, yaiyalah anah bayi aja sudah pasti tau. jadi gak usah di jelaskan ya...nah di poin yang ketiga ini ane gak berani bilang siapa yang salah.atuuutttttttt.....
  4. desain kapal merupakan fakor penyebab kecelakaan kapal,mulai dari konstruksi kapal, kekuatan kapal, stabilitas kapal, dan lain-lain.
  5. human eror merupakan kesalahan manusia pada saat pengoperasian kapal yah yang namanya manusia tidak ada yang sempurna pasti ada khilaf dan lupa.
  6. TAKDIR, nah ini dia jawaban yang paling mantap surantap!!!!....(gak ilmiah tapi agamais), saran saya kapal harus memenuhi semua persyaratan penunjang alat keselamatan pelayaran
berikut ini saya sajikan data-data kecelakaan kapal terparah sepanjang masa
3. MV Joola (korban 1.863 org)
 mv joola merupakan kapal ferry yang dibangun di Jerman dan mulai terapung dilautan pada tahun 1990 untuk menggantikan Casamance feri Express. Kapal mv lee joola mempunyai 79 meter dan lebar 12 meter, memiliki dua mesin induk kapal dan dilengkapi dengan beberapa peralatan keamanan terbaru yang tersedia pada saat bencana.   Biasanya perjalanan kapal feri lee joola dua kali seminggu Namun, kapal itu telah keluar dari layanan selama hampir satu tahun mengalami perbaikan yang mencakup penggantian mesin sisi pelabuhan. Menurut informasi yang dirilis setelah bencana kecelakaan kapal , kapal itu dibangun untuk mengangkut maksimal 580 penumpang dan awak. Perkiraan jumlah  pada saat bencana itu 1.863, lebih dari tiga kali lipat kapasitasnya. Namun, beberapa organisasi berbasis Senegal memakai jumlah sebenarnya lebih dari 2.000 orang.
brew ini dia gambar mv joola  di Ziguinchor , Senegal pada tahun 1991

dan ini dia gambar kecelakaan kapal mv le joola 
 
kapal mv le joola tenggelam di dekat pantai wilayah Gambia pada tanggal 26 September 2002. Sebenarnya kapal ini berkapasitas 580 org tapi pada saat itu diperkirakan hampir 2000 orang yg berada diatas kapal.coba anda bayangkan faktor kecelakaan ini ya kelebihan muatan kapal.betul gak????
Pada tanggal 26 September 2002, feri Joola berlayar dari Ziguinchor di Casamance wilayah di salah satu perjalanan seringnya antara Senegal selatan dan ibukota negara Dakar . Saat itu sekitar 1:30 Pada saat pelayaran kapal itu dirancang untuk membawa sekitar 580 penumpang.  Secara keseluruhan, hampir 2.000 penumpang diyakini telah di atas kapal, termasuk 185 orang yang naik kapal dari Carabane , pulau dimana tidak ada pelabuhan resmi masuk atau keluar untuk penumpang. Jumlah yang tepat dari semua penumpang masih belum diketahui namun ada 1.034 wisatawan dengan tiket.Jumlah yang tersisa berasal dari orang-orang yang tidak memiliki tiket baik karena mereka tidak diharuskan untuk (anak-anak berusia kurang dari 5) atau karena mereka memulai perjalanan tanpa membayar untuk itu seperti biasa dengan Joola. Panggilan terakhir dari staf feri disiarkan ke pusat keamanan maritim di Dakar pada pukul 10 malam dan melaporkan kondisi perjalanan yang baik. Pada sekitar 11 malam, kapal berlayar dalam badai di lepas pantai Gambia . akibat buruknya cuaca dan angin, feri cepat terbalik, melemparkan penumpang dan kargo ke laut. Laporan rinci menunjukkan bahwa ini terjadi dalam waktu kurang dari lima menit.
Sementara banyak penumpang kapal mungkin telah dibunuh selama atau segera setelah terbalik itu, sejumlah besar mungkin bertahan hanya untuk menenggelamkan menyelamatkan sementara menunggu. tim penyelamat Pemerintah tidak tiba di tempat sampai pagi hari setelah kecelakaan itu, meskipun diselamatkan beberapa nelayan lokal yang selamat dari laut beberapa jam sebelumnya.  Dari penumpang diperkirakan 2.000, hanya sekitar 64 selamat termasuk hanya satu perempuan (Mariama Diouf, yang sedang hamil pada saat itu) dari lebih dari 600 penumpang pesawat perempuan. 
Beberapa waktu sebelum penyelamatan resmi tiba, itu nelayan lokal dengan pirogues di daerah tragedi yang memulai upaya pertama untuk menarik korban keluar dari air. Mereka mampu menyelamatkan beberapa orang, tetapi juga ditemukan beberapa mayat yang mengambang di sekitar Joola. At 2 pm, Pukul 2 siang, mereka menyelamatkan seorang bocah 15 tahun. Anak itu menegaskan bahwa masih banyak orang yang terjebak hidup di perahu, laporan-laporan dari suara dan teriakan yang datang dari dalam.  The Joola tetap terbalik tapi tetap berdiri sampai sekitar 15:00, di mana titik ia akhirnya meluncur di bawah permukaan air, membawa bersamanya orang-orang yang tidak mampu untuk keluar dari kapal.

2. Halifax Explosion (korban : 1.950 org)
 Ledakan Halifax terjadi pada hari Kamis, 6 Desember 1917 saat kota Halifax, Nova Scotia-Kanada hancur lebur akibat ledakan dahsyat dari sebuah kapal kargo Prancis “Mont-Blanc” yang membawa muatan penuh berisi mesiu dan bahan peledak untuk militer. Kapal ini tertabrak kapal Norwegia “The Narrows” di salah satu bagian pelabuhan Halifax.
ini dia gambar kapal halifax
 Ledakan membunuh hampir 2000 org diakibatkan serpihan, api dan runtuhnya bangunan-bangunan di dalam radius 2 km dari lokasi kejadian. Diperkirakan sekitar 9.000 org terluka akibat peristiwa ini. Sampai sekarang ledakan tersebut masih memegang rekor sebagai ledakan konvensional terbesar yg dihasilkan oleh manusia. Saking hebatnya efek ledakan tersebut sampai menimbulkan tsunami yg kemudian menyapu pepohonan, membengkokkan rel kereta api, menghanyutkan rumah, mobil dan membawa serpihan-serpihan Mont-Blanc berkilo-kilometer jauhnya.
 gambara ledakan kapal Halifax Explosion

 gambar KOTA YANG HANCUR LEBUR AKIBAT LEDAKAN KAPAL Halifax Explosion,(jarak kota dengan sumber ledakan diperkiran sekitar 50 meter)

1. MV Doña Paz (4.375 org)
kapal mv dona paz merupakan kapal   feri penumpang yang dibangun pada tahun 1963 oleh Onomichi Zosen dari Onomichi, Hiroshima , Jepang, dan awalnya bernama Himeyuri Maru. kapal dona vaz itu memiliki kapasitas penumpang 608 orang. Pada tahun 1975, itu telah dijual kepada pihak perusahaan , operator Filipina dari armada feri penumpang. kapal Itu diubah namanya oleh pihak perusahaan sebagai pihak perusahaan Don, dan kemudian, Doña Paz. Satu bulan sebelum kecelakaan, kapal tersebut telah mengalami drydocking . Pada saat tenggelam nya, Doña Paz adalah plying rute dari Manila / Tacloban / Catbalogan / Manila / Catbalogan / Tacloban / Manila , perjalanan membuat dua kali seminggu.
gambar kapal Doña Paz di Kota Tacloban, 1984
selanjutnya kapal dona vaz yang terdaftar Filipina - kapal  feri dona paz yang tenggelam setelah bertabrakan dengan Vector MT pada tanggal 20 Desember 1987. Dengan korban tewas paling banyak 4.375 orang, tumbukan mengakibatkan bencana feri paling mematikan dalam sejarah dan secara luas dikutip sebagai bencana kecelakaan kapal terparah sepanjang masa. kecelakaan Itu pada saat kapal mv dona paz melakukan perjalanan dari pulau Leyte ke Manila, ibukota negara filipina.
gambar tabrakan kapal dona paz

Pada tanggal 20 Desember 1987, di 0630H, Filipina Standard Time, Doña Paz turun dari Tacloban City , Leyte untuk ke ibukota Filipina Manila , dengan singgah di Catbalogan City , Samar . Kapal karena di Manila pada 0400H pada hari berikutnya, dan dilaporkan bahwa  terakhir terhubung radio kontak  yang merupakan alat komunikasi kapal di sekitar 2000H. Namun, setelah laporan menunjukkan bahwa Doña Paz telah ada radio. Pada sekitar 2230H, Filipina Standard Time , feri itu terletak di Dumali Point, di sepanjang Selat Tablas , dekat Marinduque. yang selamat kemudian mengatakan bahwa cuaca di laut malam itu jelas tetapi laut berombak. Sementara sebagian besar penumpang tidur , Doña Paz bertabrakan dengan MT Vector, sebuah kapal tanker minyak dalam perjalanan dari Bataan ke Masbate . MT Vector sedang membawa 8.800 barel lainnya produk minyak bumi dan bensin milik Caltex Filipina . Setelah tabrakan, 's kargo Vector yang memicu dan menyebabkan kebakaran yang menyebar ke Doña Paz.
gambar kecelakaan kapal mv dona paz terjungkir
 
Korban mengatakan merasakan kecelakaan dan ledakan, menyebabkan kepanikan di kapal. Salah satu dari mereka, Paquito Osabel, menceritakan bahwa api menyebar dengan cepat ke seluruh kapal, dan pada saat itu lautan pun terbakar. korban selamat lain mengklaim bahwa onboard lampu telah padam, yang ada rompi ada kehidupan pada Doña Paz, dan bahwa tidak ada kru memberikan setiap perintah. Ia kemudian mengatakan bahwa loker jaket telah terkunci. korban yang selamat dipaksa untuk melompat dari kapal dan berenang di antara tubuh gosong. The Doña Paz tenggelam dalam waktu dua jam tumbukan, sedangkan Vector tenggelam dalam waktu empat jam. Kedua kapal tenggelam di sekitar 545 meter air di hiu yang dipenuhi Selat Tablas .
teman-teman ini dia postingan saya hasil copas dan terjemhan dari beberapa sumber, mudah-mudahan kecelakan kapal laut dapat kita minimalisir dengan kesadaran dari berbagai pihak yang berkaitan. okay sampai disini dulu postingan saya mengenai kecelakaan kapal laut

2 komentar:

  1. terimakasih atas info nya . sipt" sangat membantu untuk wawasan yg lebih luas :)

    BalasHapus
  2. mitcemittul --> terima kasih atas kunjungannya

    BalasHapus

Follow