Saturday, 28 May 2011

Vacancy S1 Perkapalan Juni 2011 di PT. United Tractors Pandu Engineering

Vacancy S1 Perkapalan Juni 2011 di PT. United Tractors Pandu Engineering


 PT. United Tractors Pandu Engineering (a subsidiary of PT. United Tractors) is Manufacturing Industry and export oriented product engaged in material handling and related services to various industries and have recently become a leading player in Material Handling and Transportation Equipment & Attachment with international reputation. In this opportunity, we are actively seeking high caliber energetic and self motivated people, to maximize their skill and talents and to develop a long term career.

A. Nauthical Officer (closing date 2011-06-30) 
Job Description & Requirements:
  1. For two vacancy
  2. Male max 26 years old
  3. Bachelor Degree from reputable university, majoring Marine Engineering min GPA 2,75
  4. Having good analythical thinking, communication, leadership, and interpersonal skill
  5. Fluent in English both oral or written
  6. Highly motivated
  7. Fresh graduate are encourage to apply
  8. Willing to work in site area
B. Marine Engineer (2011-06-30)
Job Description & Requirements: 
  1. For five  vacancy
  2. Male or female max 26 years old
  3. Bachelor degree  from reputable university, majoring Marine Engineering / Naval Engineer min GPA 2,75
  4. Having good analythical thinking, communication, leadership, and interpersonal skill
  5. Fluent in English both oral or written
  6. Highly motivated
  7. Fresh graduate are encourage to apply
C. Production Engineer (2011-06-30)
 Job Description & Requirements:
  1. For  4 (one) vacancy
  2. Male max 26 years old
  3. Bachelor Degree from reputable university, majoring  Mechanical Engineering & Marine Engineering min GPA 3,00
  4. Having good analythical thinking, communication, leadership, and interpersonal skill
  5. Fluent in English both oral or written
  6. Highly motivated
  7. Familiar with design engineering & process engineering
  8. Fresh graduate are encourage to apply
Send your curiculum vitae to :
recruitment.patria@yahoo.co.id

Read more this vacancy in here

Perbandingan Ukuran kapal dalam penentuan karakteristik kapal

Perbandingan ukuran utama kapal secara garis besar terbagi menjadi 4 yaitu sebagai berikut (tapi sebelum melanjutkan sebaiknya anda baca dulu postingan saya yg terdahulu mengenai ukuran utama kapal)
  1. L/B
  2. L/H
  3. B/T
  4. H/T
Dibawah ini diberikan uraian secara singkat ukuran utama dan pengaruhnya terhadap perencanaan kapal. Panjang kapal ( L ),  terutama mempunyai pengaruh pada kecepatan kapal dan pada kekuatan memanjang kapal.

Perbandingan L/B yang besar terutama sesuai untuk kapal – kapal dengan kecepatan yang tinggi dan mempunyai perbandingan ruangan yang baik, akan tetapi mengurangi kemampuan oleh gerak kapal dan mengurangi pula Stabilitas Kapal.

Perbandingan L/B kapal yang kecil memberikan kemampuan stabilitas kapal yang baik akan tetapi dapat juga menambah tahanan kapal.

Perbandingan L/H terutama mempunyai pengaruh terhadap kekuatan memanjang kapal.

Untuk harga L/H yang besar akan mengurangi kekuatan memanjang kapal sebaliknya.

Untuk harga L/H yang kecil akan menambah kekuatan memanjang kapal.

Biro Klasifikasi Indonesia ( BKI ) 2004 mensyaratkan perbandingan ukuran kapal sebagai berikut :
  1. L/H = 14 Untuk daerah pelayaran samudra
  2. L/H = 15 Untuk daerah pelayaran pantai
  3. L/H = 17 Untuk daerah pelayaran local
  4. L/H = 18 untuk daerah pelayaran terbatas
Dari ketentuan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa daerah yang mempunyai gelombang besar atau pengaruh–pengaruh luar lainnya yang lebih besar sebuah kapal mempunya persyaratan harga perbandingan L/H yang lebih kecil.

Penyimpangan–penyimpangan dari ketentuan di atas masih dimungkinkan atas dasar bukti perhitungan kekuatan yang dapat di pertanggung jawabkan.

Lebar kapal ( B ), terutama mempunyai pengaruh pada tinggi metasentra melintang. Kapal dengan displacement yang sama, yang mempunyai B besar akan memiliki tinggi metasentra ( KM ) yang lebih besar.

Perbandingan B/T, terutama mempunyai pengaruh pada Stabilitas Kapal.

Harga perbandingan B/T yang rendah akan mengurangi Stabilitas Kapal.

Untuk kapal – kapal sungai harga perbandingan B/T dapat di ambil sangat besar, Karena harga T dibatasi oleh kedalaman sungai yang pada umumnya sudah tertentu. Tinggi Dek ( H ), terutama mempunyai pengaruh pada tinggi titik berat kapal ( KG ) atau center of Gravity dan juga pada kekuatan kapal serta ruangan dalam kapal.

Pada umumnya kapal barang mempunyai harga KG sebesar 0,6 H. Sarat air ( T ), terutama mempunyai pengaruh pada tinggi Center of Bouyancy ( KB). 

Perbandingan H/T , terutama berhubungan dengan reserve displacement atau daya apung cadangan. Harga H/T yang besar dapat dijumpai pada kapal – kapal penumpang. Harga H – T disebut lambung timbul ( Free Board ), dimana secara sederhana dapat disebutkan bahwa lambung timbul adalah tinggi tepi dek dari permukaan air.

Sebagai gambaran diberikan data – data mengenai koefisien bentuk dan perbandingan ukuran utama dengan tujuan supaya dapat diketahui apakah kapal yang direncanakan mempunyai bentuk dan ukuran yang wajar dan tidak menyimpang dari kebiasaan.

Berikut adalah Daftar Koefisien Bentuk Dan Perbandingan Ukuran Utama Kapal (klik gambar untuk memperbesar)
Daftar Koefisien Bentuk Dan Perbandingan Ukuran Utama Kapal

Thursday, 26 May 2011

Cerita tentang website

Kapal cargo blog (kalo di singkat jadi KCB bukan ketika cinta bertasbih atau ketika cicak boker lho ya) malam ini tidak bahas tentang kapal, cuman mau berbagi saja tentang website mulai dari website pertama di dunia, website pertama di indonesia, website terunik versi kapal cargo blog, website dengan harga temahal (masih isu sih), dan yang lain-lain deh...

cekidot langsung saja kita mulai cerita tentang website ini.

1. Website pertama di dunia

Sir Timothy John ”Tim” Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.

Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.
Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole’s Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.

Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee beralamat di http://info.cern.ch/ (telah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991.

Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology.

Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.

Pada 16 Juli 2004 ia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.


2. Website Pertama di Indonesia

 Setelah internet masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 90-an siapakah sebenarnya yang mendesign/membuat situs pertama di Indonesia? Ada yang tau? Ya beliau adalah salah satu pakar IT di indonesia, dan juga dosen di ITB namanya pak Budi rahardjo. Beliau salah satu orang yang pertama kali membawa dan memperkenalkan teknologi internet di Indonesia dan salah satu yang pertama membuat situs web di Indonesia.

buat anda yang mau lihat nih URL nya http://indonesia.elga.net.id

website ini ber Page Rank 7 dan Alexa Rank 904.102 (saya ceknya saat buat postingan ini tanggal 26 mei 2011)

2. Website Teunik di dunia  (versi Kapal cargo blog)

Sampe sekarang saya juga masih bingung apa sih tujuan pembuatan website ini, Begitu masuk website ini kita cuma akan disuguhi 1 roll tissue toilet. Ga ada petunjuk dan navigasi apapun. Pointnya adalah, kita cuma roll tissue sampai habis. Ga ada reward dan hasil apapun.hehe. Benar2 wasting time. jujur kalo lagi bosan saya suka buka website ini. ini di screen shootnya
buat anda yang ingin lihat website ini, silahkan in URLnya http://www.papertoilet.com/


4. Website Termahal di Dunia

Kalo informasi yang satu ini masih simpang siur, masih kabar burung (entah lah burungnya siapa yang bawa kabar ini, yang jelasnya bukan burung saya).

Situs resmi dewan perwakilan rakyat indonesia merupakan website dengan biaya termahal di indonesia bahkan di dunia. bayangkan saja anggaran untuk membuat website ini mencapai sekitar 9,7 miliar rupiah.

Menurut Roy, berdasarkan DIPA Setjen DPR 2010, biaya pemeliharaan jaringan sistem informasi website resmi DPR, yakni www.dpr.go.id, pada 2010 berkisar Rp 9,75 miliar, yang terdiri dari biaya pembayaran provider website senilai Rp 8,4 miliar per tahun dan biaya pemeliharaan situs www.dpr.go.id senilai Rp 1,3 miliar.

“Kemudian, ada program untuk pengembangan sistem informasi dengan budget Rp 9,3 miliar pada 2010 dan Rp 12 miliar pada 2009,” katanya.

Sayangnya, website resmi DPR yang menelan biaya cukup besar itu, lanjutnya, tidak dimanfaatkan dengan baik. Contohnya, situs itu tidak digunakan untuk memublikasikan hasil studi banding DPR ke luar negeri selama 2009-2014. Situs www.dpr.go.id juga tidak menyediakan fitur tersendiri yang menempatkan laporan kunjungan ke luar negeri.
  1. Biaya pembayaran provider website senilai Rp 8,4 miliar per tahun
  2. Biaya pemeliharaan situs senilai Rp 1,3 miliar.
  3. Program untuk pengembangan sistem informasi dengan budget Rp 9,3 miliar pada 2010 dan Rp 12 miliar pada 2009
5. Blogsite Terburuk di dunia
Kalo untuk predikat blogsite terburuk di dunia masih di pegang oleh kapal cargo blog

Wednesday, 25 May 2011

Loker S1 perkapalan di kalimantan (balikpapan)

lowongan kerja S1 perkapalan di PT. Bayan Resources Tbk di kalimtan lebih tepatnya di balikpapan.
Sebelum saya lanjutkan, sekedar info nih ya!!! saya pernah baca nih Bayan Resources merupakan  mesin penghasil uang dari orang terkaya ke-3 di indonesia tahun 2011 (Berdasarkan 2011 Billionaires List yang dikeluarkan Forbes) nah sang empunya ini Low Tuck Kwong merupakan orang terkaya ke-3 di indonesia dan orang terkaya ke-304 sejagad. (ref: kompas). saya juga sih rencanya mau ngelamar disini cuma tidak jadi karena belum cukup umur (lihat aja tuh requirements no. 1)

PT. Bayan Resources Tbk is a major coal mining company experiencing rapid growth. We are seeking qualified people to suport the daily operation of our shipping activities. We are looking for a pro-active style person who is well versed in the following specific areas in marine and shipping background:


Marine Operation Assistant (MOA-ML) :: Kalimantan Timur - Balikpapan

Requirements:
  1. Male, age ranging 25 - 40 years old
  2. Minimun Bachelor Degree in Marine Faculty or equivalent
  3. Minimum 3 years experience in shipping related industries
  4. Able to work independently as well as a team
  5. Computer literate using Ms. Office & Internet
  6. High level skills in making reports and presentation
  7. Ready to be stationed at Balikpapan, East Kalimantan

Please send your detail resume include your current salary and your expected salary to this email address:

recruitment@bayan.com.sg

In your email indicate "MOA-ML" at the subject line.
To know more about our company you are invited to visit  

www.bayan.com.sg
or
jobstreet

Perusahaan bongkar muat di pelabuhan kapal

Kapal Niaga dalam pelayaran kemudian singgah di pelabuhan akan memuat dan membongkar muatannya. Dalam kegiatan tersebut memerlukan jasa bongkar muat di pelabuhan dilaksanakan oleh Bongkar Muat (PBM).

Dalam melaksanakan usaha operasinya perusahaan bongkar muat diatur oleh peraturan pemerintah berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM.88/AL.305/85, yang dimaksud dengan perusahaan bongkar muat (PBM) adalah perusahaan yang secara khusus berusaha di bidang bongkar muat dari dan ke kapal, baik dari dan ke gudang maupun langsung ke alat angkutan.

Perusahaan Bongkar Muat ( PBM ) dalam melaksanakan kegiatan bongkar muat diwajibkan :
  1. Menyediakan tenaga supervisi dan peralatan bongkar muat
  2. Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat menyediakan jumlah Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM)
  3. Melaksanakan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan dalam ijin usaha, dan kebijaksanaan umum pemerintah di bidang penyelenggaraan kegiatan bongkar muat dari dan ke kapal,
  4. Memenuhi batas minimal kecepatan bongkar muat barang yang telah diterapkan pada setiap pelabuhan,
  5. Memberlakukan tarif yang berlaku sesuai peraturan
  6. Meningkatkan ketrampilan kerja
  7. Bertanggung jawab kepada kerusakan alat bongkar muat di kapal yang disebabkan oleh kesalahan, kelalaian orang-orang yang bekerja di bawah pengawasannya,
  8. Menyampaikan laporan kegiatan usahanya secara berkala kepada Administrator pelabuhan setempat berupa laporan harian, bulanan dan tahunan, kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut.
  9. Mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku
Di pelabuhan Tanjung Priok misalnya dimana kegiatan bongkar muat dari dan ke kapal dilakukan di tiga jenis terminal dan juga gudang / lapangan, yakni :

a. Terminal Konvensional
Terminal Konvensional adalah terminal untuk melayani kegiatan bongkar cargo umum, barang curah cair. Di terminal konvensional juga bisa dilakukan bongkar muat petikemas terutama muatan antar pulau dengan menggunakan peralatan bongkar muat dari kapal atau dari pihak lain. Disini kegiatan bongkar muat sebagian besar dilakukan oleh perusahaan bongkar muat swasta.

b. Terminal Petikemas
Terminal Petikemas dilengkapi dengan peralatan seperti container crane (gantry crane), peralatan untuk penanganan dan transportasi dari petikemas seperti transtainer, sideloader, forklif, crane, toploader dll.

c. Terminal Penumpang
Di terminal ini tidak ada kegiatan bongkar muat barang, tetapi hanya melayani debarkasi atau embarkasi penumpang dari dalam maupun luar negeri.

d. Gudang / Lapangan ( Terminal Serba Guna )
Gudang penampungan biasanya terletak tidak jauh dari terminal konvensional.


Monday, 23 May 2011

Uji Tabrak Mobil Buatan China di Australia

adan independen  Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) belum lama ini melakukan uji tabrak (crash testing) terhadap kendaraan asal negeri China.

Hasil tes tersebut, seperti dilaporkan Sidney Morning Herald belum lama ini, menyebutkan sedan buntung (hatchback) Chery J1 buatan China meraih tiga bintang dari lima  yang disediakan ANCAP.
Kendaraan itu merupakan mobil paling murah di negeri Kanguru (10.990 dolar Australia) tapi  seperti dikutip SMH, nilainya juga terendah dalam uji tabrak.

ANCAP memberikan skor terhadap mobil Chery J1  sebesar 5,233 sedangkan angka tertinggi yang bisa dicapai adalah 16.

Pengujian  dilakukan pada kecepatan 64 km/jam dan hasilnya menurut ANCAP ruang penumpang J1 kehilangan integritas struktural dan  "perlindungan dari cedera dada serius pada  pengemudi."

Lutut pengemudi juga dikatakan berisiko cedera dari ujung  konsol tengah dan komponen steering colomn.

Chery berpintu lima itu meraih  nilai  11,733  (angka terbesar adalah 16)  untuk pengujian efek tabrak samping. ANCAP menyebutkan "risiko tinggi pada cedera dada yang membahayakan  nyawa pengemudi."

J1 tak punya banyak  fitur keamanan dibandingkan dengan kebanyakan mobil dalam segmen city car. Mobil itu hanya dilengkapi oleh dua kantung udara, untuk pengemudi dan penumpang, dan tak memiliki pengendali kestabilan elektronik yang mampu mengerem masing-masing roda guna membantu untuk mengendalikan selip.

Tidak adanya  kendali stabilitas pada kendaraan itu membuat negara bagian  Victoria belum mengizinkan penjualan kendaran itu di wilayah mereka. Menurut undang-undang Victoria,  teknologi keselamatan imerupakan hal wajib.

Sebelumnya, Great Wall Motor jenis  SA220 dan V240 memperoleh skor hanya dua bintang di pengujian ANCAP tahun lalu.

Juru bicara importir Chery, Ateco Automative,  mengatakan perusahaan merek China itu mengirimkan dua teknisi seniornya ke Australia untuk mempelajari prosedur tes dan hasilnya.

"Para teknisi berbicara  dengan pihak ANCAP dan memeriksa pengujian," kata Daniel Cotterill dari Ateco Automotie.

Chery akan memasuki  segmen paling populer di Australia akhir tahun ini dengan andalannya J3 yang punya enam kantung udara.
 
Apakah anda berminat kerja menjadi tenaga ahli pengemudi badan independen  Australasian New Car Assessment???

Sunday, 22 May 2011

Loker S-1 Perkapalan/sistem perkapalan mei 2011

Lowongan kerja S-1 Perkapalan/sistem perkapalan mei 2011 di PT Prima Eksekutif Surabaya

PT Prima Eksekutif Surabaya Perusahaan Pelayaran Nasional (National Shipping Company ) berskala Nasional, membutuhkan beberapa tenaga ahli dan membuka kesempatan berkarir.


Loker perkapalan posisi Owner Surveyor (OS) (Jawa Timur - Surabaya)
Requirements:
  1. Pria, usia min 25-45 tahun
  2. Pendidikan min. S-1 , lebih diutamakan Bangunan Kapal/ Sistem Kapal
  3. Diutamakan berdomisili diwilayah Jawa Timur & Jawa Tengah
  4. Mampu mengoperasikan computer minimal MS-Word & MS-Excel
  5. Memiliki pengalaman kerja dalam supervisi kapal baik pada saat kapal docking, repair maupun beroperasi.
  6. Memiliki pengalaman sebagai Owner Surveyor minimal 2 tahun (lebih diutamakan)
  7. Penempatan di kantor Surabaya
  8. Bersedia dipindah tugaskan diseluruh wilayah kantor cabang diseluruh Indonesia
  9. Bersedia mengikuti panggilan wawancara dan tes di Kantor Pusat (Surabaya)
  10. Memiliki motivasi & semangat kerja yang tinggi
  11. Mampu bekerja dibawah tekanan
  12. Mampu bekerjasama dalam team

Apabila anda memenuhi persyaratan diatas dan siap berkembang bersama kami, silahkan kirimkan surat lamaran dengan melampirkan :


Curriculum Vitae (by attachment ) & Foto berwarna terbaru (4x6) serta dokumen pendukung lainnya ke alamat email :

trisutrisnope@gmail.com dan dyanwidyas@gmail.com

dengan mencantumkan kode posisi.

Sumber : jobstreet

Saturday, 21 May 2011

Sertifikat Sanitasi Kapal

Sertifikat sanitasi kapal adalah alat bantu untuk membantu suatu negara dalam mengurangi faktor risiko penyebaran penyakit akibat dari pelayaran kapal internasional dan nasional. Sertifikat Sanitasi kapal mempunyai masa berlaku selama enam bulan sejak tanggal diterbitkan, selanjutnya dapat diperpanjang selama satu bulan oleh Port Health Authority.

Menurut Permenkes No.530/Menkes/Per/VII/1987, sanitasi kapal adalah segala usaha yang ditujukan terhadap faktor lingkungan di kapal untuk memutuskan mata rantai penularan penyakit guna memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan.

Jenis Sertifikat sanitasi kapal terdiri dari dua jenis yaitu
  1. Ship Sanitation Control Exemption Certificate (SSCEC) yaitu sertifikat diberikan kepada kapal yang hasil pemeriksaan sanitasi dengan faktor risiko rendah dan 
  2. Ship Sanitation Control Certificate (SSCC) diberikan kepada kapal dengan hasil pemeriksaan sanitasi dengan faktor risiko tinggi atau ditemukan tanta-tanda keberadaan vector
Pasal 39 ayat 2 IHR 2005 menyakan, jika sertifikat sanitasi kapal tidak dapat ditunjukkan atau ditemukan bukti adanya risiko kesehatan masyarakat, sumber penyakit menular (vektor) dan kontaminasi dikapal, Authorities Port Healh harus menganggap kapal tersebut terjangkit dan dapat melakukan tindakan sanitasi berupa Hapus hama, dekontaminasi, hapus serangga atau hapus tikus pada kapal.

Apabila proses tidakan sanitasi yang diperlukan sudah dilaksankan secara lengkap, otoritas kesehatan pelabuhan wajib menerbitkan SSCC, dengan menuliskan catatan tentang bukti yang ditemukan dan pemeriksaan yang dilakukan. KKP boleh menerbitkan SSCC di setiap pelabuahan sesuai Pasal 20 IHR 2005 menjelaskan jika dinyakini bahwa kapal bebas dari infeksi dan kontaminasi, termasuk vektor dan reservoir.

Sertifikat sanitasi kapal biasanya di keluarkan jika pemeriksaan telah dilaksanakan pada kapal dalam keadaan kosong atau isinya hanya penyeimbang atau ballast kapal atau material lain seperti bahan alam yang ditimbun atau dibuang sehingga membuat kapal dapat diperiksa. Jika dalam keadaan pengawasan pemeriksaan telah dilaksanankan,dan pendapat dari kesehatan pelabuhan bahwa hasilnya tidak memuaskan, maka kesehatan pelabuhan harus membuat catatan di dalam sertifikat sanitasi kapal

Jenis muatan kapal berdasarkan sifatnya (kwalitas)

Jenis muatan kapal sangat beraneka ragam mulai A-Z semua bisa diangkut, Demi tercapainya suatu kondisi kwalitas yang baik maupun menjaga kwalitas muatan sehingga sama dengan keadaannya pada waktu muatan itu diterima di kapal maka harus lah kita mengenal betul sebelumnya akan sifat-sifat dari muatan. Muatan-muatan yang diangkut di kapal dapat dibagi dalam golongan-golongan besar menurut sifat-sifatnya (kwalitasmya) yaitu Muatan Basah ( Wet Cargo), Muatan Kering ( Dry Cargo ), Muatan Kotor / Berdebu ( Dirty / Dusty Cargo ), Muatan Bersih ( Clean Cargo ), Muatan Berbau ( Odorous Cargo ), Muatan Bagus / Enak ( Delicate Cargo), dan Muatan Berbahaya.

1. Muatan Basah Kapal ( Wet Cargo )
Muatan basah itu adalah muatan-muatan cair yang disimpan di botol-botol, drum-drum, sehingga apabila tempatnya pecah/bocor akan membasahi muatan-muatan lainnya. Contoh : susu, bier, buah-buahan dalam kaleng, cat-cat, minyak lumas, minyak kelapa dan lain sebagainya.

2. Muatan Kering Kapal( Dry Cargo )
Muatan kering kapal adalah muatan-muatan kering yang rusak bila basah , misalnya :
  • Muatan-muatan ini tidak merusak jenis muatan lain
  • Mudah dirusak oleh muatan lain
  • Muatan kering ini harus dipisahkan terhadap muatan basah dalam palka tersendiri
  • Dalam satu palka, pemuatan muatan kering haruslah diatas dan muatan basah dibawah.
Contoh jenis muatan tepung, beras, biji-bijian, bahan-bahan pangan kering, kertas rokok dalam bungkusan, kopi, teh, tembakau dan lain sebagainya.
 
3. Muatan Kotor Kapal/ Berdebu ( Dirty / Dusty Cargo )
Muatan kotor / berdebu antara lain semen, biji timah, arang, dan lain sebagainya. Muatan ini menimbulkan debu yang dapat merusakjenis barang lain terutama muatan bersih. Setelah dibongkar muatan ini selalu meninggalkan debu atau sisa yang perlu dibersihkan. Dalam pemuatan perlu dipisahkan terhadap muatan lainnya bahkan dipisahkan terhadap sesama golongannya sendiri.
 
4. Muatan Bersih Kapal ( Clean Cargo )
Muatan bersih kapal ini tidak merusak muatan lain dan tidak meninggalkan debu atau sisa yang perlu dibersihkan setelah di bongkar. Tidak merusak jenis barang lain. Contoh : sandang, benang tenun, perkakas rumah tangga (piring, mangkok, gelas), barang-barang kelontong.
 
5. Muatan Berbau Kapal ( Odorous Cargo )
Jenis muatan ini dapat merusak / membuat bau jenis barang lainnya, terutama terhadap muatan seperti teh, kopi, tembakau dll., maupun dapat pula merusak sesama golongannya sendiri. Contoh : kerosin, terpentin, amoniak, greasy wool, crade rubber, lumber (kayu), ikan asin dll.
 
6. Muatan Bagus / Enak ( Delicate Cargo)
Yang termasuk dalam golongan ini adalah golongan muatan yang pada umumnya terdiri dari bahan-bahan pangan. Jenis barang ini dengan mudah dapat dirusak oleh barang-barang yang mengandung bau, muatan basah dan muatan kotor / berdebu. Contoh : beras, tepung, teh, tepung terigu, susu bubuk dalam plastik, tembakau, kopi.
 
7. Muatan Berbahaya
Jenis barang ini adalah golongan muatan yang mudah menimbulkan bahaya ledakan ( explosif ) maupun kebakaran. Pemuatan / pemadatan muatan ini haruslah ditempatkan yang tersendiri dan pemuatannya harus sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang diberikan dalam buku petunjuk yaitu blue book.
Contoh : dinamit, mesin, kepala peluru, black powder, fire works, gasoline, carbon disulfide, korek api, film dll.
Terdapat jenis barang-barang yang digolongkan sebagai muatan yang bersifat netral artinya bahwa muatan yang tidak rusak / dapat dirusak oleh muatan-muatan lainnya, seperti : rotan, bambu, kayu balok, timah, muatan dalam container dll

Dalam kasus pengaturan muatan kapal kita harus berpegang pada rules yang berlaku, Salah satu contoh kejadian yang pernah saya baca terjadi kecelakaan kapal di akibatkan jenis muatan kapal yang berbahaya, dan tidak tanggung-tanggung kecelakaan kapal ini menyebabkan 2.000 orang meninggal dunia. dan banyak juga terjadi kecelakaan kapal yang di akibatkan oleh kelebihan muatan kapal

Wednesday, 18 May 2011

Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) belum di akui dunia

PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau di singkat BKI didirikan pada tanggal 1 Juli 1964 merupakan satu-satunya badan klasifikasi nasional yang ditugaskan oleh pemerintah RI. Untuk mengkelaskan kapal niaga berbendera Indonesia dan kapal berbendera asing yang secara reguler beroperasi di perairan Indonesia. (Paragraf awal ini bersumber dari klik DISINI)

Setelah berselancar dan mencari tau saya mendapatkan informasi/berita yang membuat saya kaget, berikut isi beitanya.

Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) belum menjadi anggota penuh Internasional Association of Classification (IACS) sehingga belum diakui dunia dan belum dapat mengklarifikasi kapal yang melayani rute internasional.

Kepala Badan Litbang, Kementerian Perhubungan, Denny L Siahaan, Selasa, mengatakan, hal itu adalah salah satu kesimpulan dalam "roundtable discussion" bertema "Peningkatan Peran Lembaga Klasifikasi Nasional Dalam Menghadapi Persaingan Global dengan Klasifikasi Asing" yang diselenggarakan Badan Litbang Kementerian Perhubungan.

Forum diskusi juga menyimpulkan, untuk menjadi anggota IACS, BKI harus memiliki sistem regulasi sendiri serta sumber daya manusia yang profesional dan ahli di bidang klasifikasi.

BKI saat ini baru memperoleh kewenangan secara penuh untuk melaksanakan survey dan sertifikasi "load line" (garis batas tenggelam kapal pada waktu berada di permukaan air).

Sementara Direktur Utama BKI Muchtar Ali sendsiri mengatakan bangsa Indonesia sendiri belum mengakui Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Muchtar meminta Asosiasi Pemilik Kapal Niaga Nasional (INSA) dan pihak terkait untuk mendukung otorisasi BKI.

"Jika pemerintah sudah memberikan kewenangan sepenuhnya, BKI dapat memberikan pelayanan yang terbaik dalam mengkelaskan kapal," kata Muchtar.
Sumber : Antara news

Jujur, kerja di Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) merupakan salah satu cita-cita saya (kayanya susah deh, orang2 pintar saja susah masuk di BKI apalagi saya yg hanya manusia berotak dangkal), makanya saya juga sempat kaget setelah baca berita yang di posting pada tanggal 25 januari 2011 ini saya berharap mudah-mudahan untuk kedepannya Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) di akui dunia

SISTEM STARTER KAPAL

Sistem starter kapal untuk mesin penggerak kapal dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu secara manual, elektrik dan dengan menggunakan udara tekan. Sistem starter di atas kapal umumnya menggunakan udara bertekanan. Penggunaan udara bertekanan selain untuk start mesin utama juga digunakan untuk start generator set, untuk membersihkan sea chest, untuk membunyikan horn kapal, dan menambah udara tekan untuk sistem hydrophore.

Pada sistem starter mesin utama kapal udara dikompresikan dari kompressor udara utama dan ditampung pada botol angin utama (main air receiver) pada tekanan udara 30 bar menurut ketentuan klasifikasi. Sistem udara bertekanan yang digunakan engine pada start awal mempunyai prinsip-prinsip kerja sebagai berikut :
  1. Udara tekan mempunyai tekanan yang harus lebih besar dari tekanan kompresi, ditambah dengan hambatan yang ada pada mesin kapal, yaitu tenaga untuk menggerakkan bagian yang bergerak lainnya seperti engkol, shaft, dan lain-lain.
  2. Udara tekan diberikan pada salah satu silinder dimana toraknya sedang berada pada langkah ekspansi.
  3. Penggunaannya dalam engine membutuhkan katup khusus yang berada pada kepala silinder.
Berikut adalah gambar instalasi sistem starter kapal:
Gambar instalasi sistem starter kapal jenis udara bertekanan

Adapun komponen pendukung utama dalam sistem starter kapal adalah :
  1. Kompressor merupakan alat yang berfungsi untuk menghasilkan udara yang akan dikompresi ke dalam tabung udara start, dimana digerakkan oleh motor listrik yang berasal dari generator.
  2. Separator berfungsi untuk memisahkan kandungan air yang turut serta dalam udara/udara lembab (air humidity) kompresi yang diakibatkan oleh pengembunan sebelum masuk ke tabung botol angin. Sehingga separator disediakan steam trap guna menampung air tersebut untuk selanjutnya dibuang ke bilga.
  3. Main air receiver berfungsi sebagai penampung udara yang dikompresi dari kompressor dengan tekanan 30 bar sehingga selain dilengkapi indikator tekanan (pressure indicator), main air receiver juga dilengkapi dengan safety valve yang berfungsi secara otomatis melepaskan udara yang tekanannya melebihi tekanan yang telah ditetapkan.
  4. Reducing valve berfungsi untuk mereduksi takanan keluaran dari main air receiver sebesar 30 bar guna keperluan pengujian katup bahan bakar.
  5. Reducing station berfungsi untuk mengurangi tekanan dari 30 bar menjadi 7 bar guna keperluan untuk pembersihan turbocharger.

Prinsip kerja sistem starter udara tekan kapal adalah motor listrik yang memperoleh daya dari generator dipergunakan untuk membangkitkan kompresor guna menghasilkan udara bertekanan. Selanjutnya udara yang dikompresikan tersebut ditampung dalam tabung bertekanan yang dibatasi pada tekanan kerja 30 bar.
 
Sebelum menuju ke main air receiver, udara tersebut terlebih dahulu melewati separator guna memisahkan air yang turut dalam udara yang disebabkan proses pengembunan sehingga hanya udara kering saja yang masuk ke tabung. 
 
Konsumsi udara dari main air receiver digunakan sebagai pengontrol udara, udara safety, pembersihan turbocharge, untuk pengetesan katup bahan bakar, untuk proses sealing air untuk exhaust valve yang dilakukan dengan memberikan tekanan udara kedalam ruang bakar melalui katup buang (exhaust valve) dibuka secara hidrolis dan ditutup dengan pneumatis spring dengan cara memberikan tekanan pada katup spindle untuk memutar. 
 
Sedangkan untuk proses start, udara bertekanan sebesar 30 bar dimasukkan/disalurkan melalui pipa ke starting air distributor, kemudian oleh distributor regulator dilakukan penyuplaian udara bertekanan secara cepat sesuai dengan firing sequence.
   

Loker S1 perkapalan mei 2011 di Temas Line

Lowongan kerja teknik perkapalan mei 2011 di PT. Pelayaran Tempuran Emas Tbk. (Temas Line), sebelumnya tahu kah anda tentang Temas Line????


PT. Pelayaran Tempuran Emas Tbk. (Temas Line) was founded by Mr. Harto Khusumo and Mr. Koentojo in 1987. Starting as a private limited company PT. Pelayaran Tempuran Emas in Jakarta on 17 September 1987.


The Company conducts its main line of business in shipping, offering full-containerized shipping services covering both domestic and international markets. The Company also provides support in cargo loading and discharging activities in Jakarta port via its subsidiary, PT. Perusahaan Bongkar Muat Jasa Trisari, to ensure fast and efficient container transportation. Temas Line formally converted into a public company on 25 June 2003. with its 451,000,000 share listed and quoted in the Jakarta Stock Exchange – Bursa Efek Jakarta (BEJ) – on 9 July 2003, and becoming the first public company in the container shipping category, the Company underlined its commitment to move forward under more professional management of the Company concurrent with implementing improvement in various sections.


Temas Line is among the first Indonesian shipping line to offer containerized cargo service. Initiated its operational activities with chartered vessel, Temas Line then expanded to become a market leader in the domestic, fully-containerized shipping industry, supproted by a modern fleet and cargo loading and discharging facilities. This success was achieved through hard work, high diligence and tenacity of the founders, board of directors of employees of Temas Line.


Up to early 2005, Temas Line has owned a fleet of 21 vessel of 191-958 TEUs (twenty feet equivalent unit) capacity, giving a grand total of 8192 TEUs. All of the vessels in the fleet are completed with the necessary documents, as required by domestic and international conventions. The total number of containers has also grown to reach aroud 12.000 units. Shipping activities have also become more and more efficient helped by the operational availability of two harbour mobile cranes (HMC) of type HMK 260E, reach stackers, empty container handlers and forklifts.


Temas Line extended its market reach by opening a number of branch offices and agencies in Indonesia’s major cities. Toward the end of 2004, Temas Line owned four branch offices and two agencies in Surabaya, Makassar, Bitung, Medan, Ambon, and Pontianak.



Recruitment
Available Position : 


MARINE SUPERINTENDENT

Persyaratan :
  1. Male, max 35 year old
  2. Candidate graduated from Naval Engineering/Marine/Architecture
  3. Have knowledge in international maritime rule & policy such as IMO, SOLAS, ISM code, ISPS, ISO, STCW etc
  4. Minimum 2 years relevant experience
  5. Proficiency in English
  6. Preferably familiar with Microsoft office Decisive
  7. Strong leadership and good communication skill
  8. Willing to travel to our branch
  9. Preferable live at Jakarta and can join immediately
Responsibilities :
  1. Controlling and monitoring standar ISM / ISPS Code for all voyage
  2. Controlling for voyage cost Preventive and maintenance all damage of voyage


MECHANIC (Jakarta, Medan Branch)

Persyaratan :
  1. Male
  2. D3 / Diploma degree in Engineering from reputable university with min GPA 2.75 out of 4.00 scale
  3. 2 years experience in handling maintenance and repair forklift, reachstacker, HMC
  4. Possess good communication skill.
  5. Have strong logical thinking & analytical skills, hard working, Team work attitude with good interpersonal relationship, self initiative/motivation
  6. Willing to work at North Sumatra Province


ASSISTANT MARINE SUPERINTENDENT

Persyaratan :
  1. Male, max 27 years old w/ GPA 2.75 scale 4.00
  2. Bachelor degree from Marine System Engineer
  3. Preferable has 1 year experience  in the same position, Fresh graduated are welcome to apply
  4. Proficiency in English
  5. Preferably familiar with advance Microsoft office
  6. Independent, good communication skill, good personality, good analytical skill, mature, hardworking
  7. Willing to travel to all branches or vessels 

If you meet with our requirement, please send your application letter, CV, phone number & latest photo to :


PT. PELAYARAN TEMPURAN EMAS, Tbk. GEDUNG TEMAS, Lt.1


Jl. Tembang No.51 - Tanjung Priok Jakarta Utara 14310 
or email to: recruitment@temasline.com 
Phone : 021 - 4302388, Ext. 166 / 219, Fax : 021 - 43800461 
Please visit our website: http://www.temasline.com
Sebaiknya anda lihat saja pengumuman lowongan kerja di website reminya silahkan klik disini
di website reminya terdapat sangat banyak lowongan, tapi pada postingan saya ini khusus hanya untuk teknik perkapalan, sekian informasi saya tentang lowongan kerja teknik perkapalan mei 2011 di Temas Line


Tuesday, 17 May 2011

Loker S1 perkapalan mei 2011 PT. global maritime

Loker S1 perkapalan mei 2011 PT. global maritime penempatan di jakarta.

Global Maritime is a leading consultant for offshore engineering design and marine operation services on a world-wide basis. The Group has been consistently engaged on major marine offshore projects for over 28 years. Our office in Jakarta is inviting dynamic individuals for the following challenging position.

Senior Naval Architect
(Jakarta Raya)

Responsibilities:

    Purpose of Role :
  • The purpose of the role is to assist the design group in the development of concept and basic design
  • of vessels, rigs and floating structures.
    The key dimensions of the role include:
  • Develop concept and basic design of vessels, rigs and floating structures
  • Provide naval architecture and structural engineering design assistance to projects
  • Project management of design projects
  • Prepare proposals for bids and tenders
  • Liaise with clients to ensure project completion and customer satisfaction
  • Provide mentoring and coaching to graduates and team members

Requirements:
        The successful candidate will hold the following skills and qualifications:
  1. A degree qualification in Naval Architecture, or equivalent, Master degree is preferable
  2. Experience of technical software eg MOSES, ORCAFLEX, STAADPRO, SACS, NASTRAN, and AutoCAD
  3. Previous experience in shipbuilding or vessel design, preferably within the oil&gas sector
  4. Thorough knowledge of naval architecture principles including hydrodynamics
  5. Minimum 10 years related experience
        The successful candidate will be able to demonstrate the following competencies:
  1. Attention to detail and a high level of numerical accuracy
  2. Strong verbal and written communication in English
  3. Proactive, able to show initiative in problem solving

    Please submit your resume with photo, to
    recruitment@globalmaritime-id.com
    A recent photograph and salary expectation including perks.
    All applications will be kept in strict confidence
    Only short-listed candidates will be notified

reference : jobstreet

Loker perkapalan di galangan kapal mei 2011

Lowongan kerja teknik perkapalan di galangan kapal mei 2011 yang berhasil saya comot dari website penyedia kerja berikut info lowongan kerja teknik perkapalan yang saya dapat :

We are PT. CAPUTRA MITRA SEJATI (www.caputra.com) one of the fast growing shipyard in Indonesia invite young potential persistent, tenacious, courageous to face challenges, willing to work hard, have high motivation, and have integrity. To fill the positions in every department in our company, as follows:

1. QC (Quality Control) (Jakarta Raya)
Requirements: 
  • Graduates Poltek/D3/ D4/ S1 Naval/Marine /Electrical
  • Maximum age per Mei 2011 is 27 years old.
  • Minimum IPK 2.95
  • Fresh Graduate preferred
  • English active preferred
  • To be located in Merak-Banten

2. Engineer (Jakarta Raya)
Requirements:
  • Graduates Poltek/D3/ D4/ S1 Naval/Marine /Electrical
  • Maximum age per Mei 2011 is 27 years old.
  • Minimum IPK 2.95
  • Fresh Graduate preferred
  • English active preferred

3. Supervisor (Jakarta Raya)
Requirements:
  • Graduates Poltek/D3/ D4/ S1 Naval/Marine /Electrical
  • Maximum age per Mei 2011 is 27 years old.
  • Minimum IPK 2.95
  • Fresh Graduate preferred
  • English active preferred
  • To be located in Merak-Banten
  • To be located in Merak-Banten 

4. HSE / Safety Officer (Banten - Merak)
Requirements:
  • Graduates Poltek / D3 / D4 / S1 Teknik/Manajemen
  • Experienced or Ahli K3 Certified
  • Maximum age per Mei 2011 is 27 years old
  • With minimum IPK 2.95
  • Fresh Graduate preferred
  • English active preferred
  • To be located in Merak-Banten

reference : Jobstreet

Send by Email : career@caputra.com (not exceed 500KB)

Or by Post :

Ka. Dept. GA & Personalia Department
PT. Caputra Mitra Sejati
Jl. KH. Hasyim Ashari No. 2
Jakarta 10130

Monday, 16 May 2011

Sertifikat kapal dan surat kapal


Sertifikat kapal dan Surat kapal harus dimiliki oleh sebuah kapal pertama sekali dimana saat kapal baru selesai dibangun atau baru dibeli. Tentu perlu diadakan surey untuk melengkapi data-data kapal yang diperlukan mengeluarkan sertfikat atau surat-surat kapal oleh instansi yang berwewenang dan sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku, setelah segala sesuatunya selesai, maka kapal yang bersangkutan diberikan Sertfikat kapal dan atau Surat-surat kapal antara lainsertifikat ukur kapal, surat tanda pendaftaran kapal, Flag Of Convenience, sertifikat garis muat kapal, sertifikat penumpang kapal, sertifikat dreating, dan surat kapal lainnya.

1. Surat Ukur kapal atau Certificate of Tonnage and Measurement
Surat Ukur kapal atau Certificate of Tonnage and Measurement adalah suatu Sertifikat kapal yang diberikan setelah diadakan pengukuran terhadap kapal oleh juru ukur dan instansi pemerintah yang berwenang, yang merupakan sertifikat pengesahan dan ukuran-ukuran dan tonase kapal menurut ketentuan yang berlaku.
 Pasal 347-352 KUHD serta pasal 45 UU. 21, Th. 1992 mengatur tentang Surat Ukur. Setelah diadakan pengukuran kepada kapal diberikan Surat Ukur Kapal.

Isi dari sebuah Surat Ukur kapal itu antara lain, Nama Kapal, Tanda Selar (Nomor Registerresmi kapal), Tempat asal kapal, Jumlah dek, jumlah tiang, dasae berganda, tangki ballast kapal, Ukuran Tonnage, Volome dan lainnya.

Surat Ukur kapal tidak berlaku lagi atau tidak mempunyai masa berlaku lagi apabila kapal tidak berganti nama, tidak berubah konstruksi, tidak tenggelam, tidak terbakar, musnah dan sejenisnya. Juru ukur dari instansi pemerintah yang berwenang, biasanya dari pegawai di lingkungan Dirjen Perhubungan Laut, dan hanya kapal-kapal yang besarnya 20 m3 keatas yang wajib memperoleh Surat Ukur.


2. Surat Tanda Pendaftaran Kapal
Surat Tanda Pendaftaran Kapal adalah suatu dokumen yang menyatakan bahwa kapal telah dicatat dalam register kapal-kapal, yaitu setelah memperoleh Surat Ukur, dimana tujuan dari Pendaftaran kapal ini adalah untuk memperoleh Bukti Kebangsaan Kapal.

Pasal 314 KUHD dan pasal 46 UU.21 Th. 1992 mengatur tentang pendaftaran kapal. Oleh Pejabat Kesyahbandaran yang membuat Akta/Surat Tanda Pendaftaran Kapal dikeluarkan sesuai dengan peraturan dan Perundang-undangan yang berlaku. Prosedur pendaftaran sebuah kapal untuk memperoleh Surat Tanda Pendaftaran adalah sebagai berikut , pendaftaran kapal ditujukan kepada Pejabat kesyahbandaran dengan dilampiri Akte penjualan (Bill of Sale), perjanjian Jual-Beli, Surat Pernyataan Kebangsaan, Anggaran Dasar (AD) Perusahaan, Salinan Surat Ukur, Sertifikasi Pelepasan dari Negara sebelumnya, Surat ijin pembelian, Surat Kuasa (jika pengurusannya dikuasakan kepada orang lain).

Maksud dan tujuan Pendaftaran kapal ialah untuk mendapatkan Tanda Kebangsaan dan Surat Laut atau Surat Pas Kapal. Kapal yang belum didaftarkan dalam register kapal tidak mungkin mendapat suatu bukti kebangsaan. Tanda bukti kebangsaan berupa Surat laut atau Pas Kapal itu penting karena dengan mengibarkan bendera kebangsaan dapat diketahui kebangsaan dari kapal yang bersangkutan.
Manfaat dan atau kekustan dari Bukti Kebangsaan Kapal (Surat Kaut atau Pas Kapal) adalah :
1. Sebagai kekuatan hukum didalam Negara Indonesia, artinya :
- Bahwa kapal sudah didaftarkan dalam register kapal
- Bahwa kapal itu bukan kapal asing, melainkan kapal Indonesia yang tunduk pada hukum Negara Indonesia
2. Sebagai kekuatan hukum dikuar Negara Indonesia, meliputi :
- Bahwa pada saat kapal berada di wilayah teritorial negara lain, diatas kapal itu tetap merupakan wilayah Kedaulatan Negara Republik Indonesia,

Jadi dapat disimpulkan bahwa kapal diberi surat Ukur setelah diadakan pengukuran oleh Juru Ukur, kemudian kapal didaftarkan untuk memperoleh Tanda Pendaftaran Kapal. Setelah itu diberikan Bukti Kebangsaan berupa :
1. Surat Laut : diberikan kepada kapal yang besarnya 500 m3 atau lebih (isi kotor) yang bukan kapal nelayan atau kapal persiar,
2. Pas Kapal : diberikan kepada kapal yang besarnya 20 m3 atau lebih (isi kotor) tetapi kurang dari 500 m3 , yang bukan kapal nelayan atau kapal pesiar, dengan nama Pas Tahunan,
3. Pas Kecil (Pas Biru) : diberikan kepada kapal-kapal yang isi kotornya kurang dari 20 m3 atau kapal nelayan dan kapal pesiar.


3. Sertifikat kapal Bendera Kemudahan ( Flag Of Convenience )
Bendera kemudahan itu adalah kapal yang menggunakan Bendera Kebangsaan Negara yang tidak sama dengan Kebangsaan dari pemilik kapal tersebut.

Contoh sebuah kapal yang menggunakan bendera kemudahan itu adalah bila pemilik kapal adalah warga negara Indonesia akan tetapi kapalnya didaftarkan di Panama, jadi kapal tersebut mempunyai register Panama.

Ada beberapa hal yang penting perlu diketahui mengapa banyak kapal yang mencari bendera kemudahan itu dikarenakan :
  • Pemilik kapal dengan sengaja menghindari Pajak Nasional
  • Menghindari peraturan-peraturan keselamatan pelayaran
  • Menghindari adanya standae Pelatihan dan sertifikasi untuk para pelaut
  • Menghindari peranan Organisasi Pelaut dalam melindungi tenaga kerja Pelaut
  • Me,nayar Upah Pelaut dibawah standar ITF (International Transport workers Federation)
Beberapa nama Negara yang dapat memberikan Bendera Kemudahan kapal (Flag Of Convenience) antara lain : Antigua & Barbuda, Aruba, Bahamas, Belize, Bermuda, Cambodia, Canary Island, Caymand Island, Cook Island Cyprus, German International, Ship Register (GIS), Konduras, Lebanon, Liberia, Luxemburg, Malta, Marshall Island, Mauritius, Metherland Antilles, Panama, St. Vincent, Sri Langka, Tuvalu, Vanuta, Burma, Barbades.


4. Sertifikat Garis Muat kapal( Load Line Certificate )
Sertifikat Garis Muat kapal atau Load Line Certificate dalah suatu sertifikat yang diterbitkan oleh Pemerintah Negara Kebangsaan kapal, berdasarkan Perjanjian Internasional (monvensi) tentang garis muat dan lambung timbul (free board) yang memberikan pembatasan garis muat untuk tiap-tiap musim atau daerah atau jenis perairan dimana kapal berlayar.

Maksud dan Tujuan dari setifikat garis muat itu adalah agar kapal tidak dimuati lebih dari garis muat yang diijinkan sehingga kapal tetap memiliki daya aping cadangan ( reserve of buoyance).

Adapun isi dari sertifikat garis muat meliputi Nama kapal, nama panggilan kapal, nama pelabuhan pendaftaran, isi kotor, dan ukuran serta susunan lambung timbul kapal/Merkah Kambangan/Plimsol Mark dituliskan huruf :
  • S = Musim panas
  • W = Musim Dingin
  • WNA = Musim Dingin Atlantik Utara
  • T = Daerah Tropis
  • FW = Daerah Air Tawar
  • TFW = Daerah Air Tawar di tempat Tropis
Gambar Plimsoll Mark Pada Kapal Barang
Kapal Pangangkut Log


5. Sertifikat kapal Penumpang ( Passanger Ship Safety Certificate )
Sertifikat kapal penumpang hanya diberikan kepada kapal penumpang yang mengangkut penumpang lebih dari 12 orang. Sebuah kapal penumpang dapat diberi sertifikat kapal penumpang harus memenuhi syarat-siarat sebagai berikut :
6. Sertifikat Hapus Tikus kapal( Dreating Certificate )
Sertifikat Hapus Tikus (dreating Certifikat) adalah suatu sertifikat kapal yang diberikan kepada sebuah kapal oleh Departemen Kesehatan yaitu Kesehatan Pelabuhan ( Port Health ), setelah kapal yang bersangkutan di semprot dengan uap campuran belerang atau cyanida dan telah diteliti tidak terdapat tikus di kapal atau relatif sudah sangat sedikit jumlahnya.

Masa berlaku sertifikat ini adalah 6 bulan dan dapat diperpanjang selama 1 tahun. Jika telah habis masa berlakunya tetapi kapal belum disemprot lagi hanya diteliti dan temui bahwa tidak ada atau tidak banyak tikus di kapal, maka kepada kapal itu diberikan Surat Keterangan yang disebut dengan Pembebasan Hapus Tikus ( Dreating Exemption ) yang berlaku 6 bulan.

Pembebasan Hapus Tikus di kapal ( Dreating Exemption ) adalah sebuah Surat Keterangan yang diberikan kepada sebuah kapal yang Sertifikat Hapus Tikusnya telah gugur / tidak berlaku lagi, dimana kapal tersebut tidak/belum disemprot lagi dengan uap campur belerang atau cyanida, melainkan hanya di teliti dan didapati bahwa tidak ada atau tidak banyak tikus di kapal. Pembebasan Hapus tikus ( Dreating Exemption ) diberikan
dengan masa berlakunya 6 bulan.
7. Surat-surat Kapal Yang Lain
Kapal yang datang dari laut dengan membawa muatan dan/atau penumpang, Nakhoda sudah membuat dan menyiapkan dokumendokumen kapal yang lain seperti :
  • Crew List adalah Daftar nama dari seluruh anggota/awak kapal
  • Personal Effect List adalah Dafttar nama dan jumlah barang pribadi milik awak kapal dibuat dalam kepentingan pemeriksaan Petugas Bea dan Cukai. Dibuat untuk kapal yang datang dari luar negeri.
  • Cargo Manifest adalah daftar muatan di kapal
  • Cargo Discharging List adalah Daftar muatan yang akan dibongkar di pelabuhan yang bersangkutan
  • Passangers List Daftar nama penumpang dikapal
  • Harbour Report (Warta Kapal) merupakan suatu warta kapal yang berisi segala keterangan mengenai kapal, muatan, air tawar, bahan bakar penumpang, hewan ada tidaknya senjata api dikapal, tempat berlabuh atau tempat sandar.
  • International Declaration of Health adalah suatu pernyataan bahwa kapal sehat, tidak tersangka dan tidak terjangkit suatu penyakit menular
  • Daftar / Sijil Awak kapal adalah suatu buku yang berisi Daftar nama dan jabatan Anak Kapal, yaitu mereka yang melakukan tugas diatas kapal yang harus diketahui serta disyahkan oleh Syahbandar (Pasal 375 KUHD).
Perbedaan Crew List dengan Sijil Awak kapal dapat dilihat dari :
  • Crew List hanya berlaku sekali pakai yaitu pada saat kapal memasuki pelabuhan. Sijil Awak Kapal berlaku terus, sepanjang tidak ada alasan untuk menggugurkannya
  • Crew List dibuat dan ditanda tangani oleh Nakhoda setiap kali masuk pelabuhan. Sijil Awak kapal ditanda tangani oleh Syahbandar setiap ada Awak kapal yang naik dan turun dati kapal ( sign on atau sign off )
wah...jujur saya juga baru tau secara detail nih kalau kapal memiliki sertifikat dan surat-surat kapal sebanyak itu, kapal tidak akan mendapat izin berlayar dan di katakan iligal kalau kapal tersebut tidak mempunyai sertifikat kapal dan surat-surat kapal

Sunday, 15 May 2011

Kisah unik :: tertawa bisa mati

Kisah unik nyata tertawa bisa mati telah terbukti, ternyata tertawa berlebihan salain bisa menyebabkab mati hati juga mengakibatkan mati total (alias is dead). saya juga jadi teringat salah satu sunnah yang bunyinya seperti ini " Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati".

Selain memiliki nilai positif tentang tertawa dan kesehatan ternyata terdapat pula nilai negatif, salah satau nilai positif dari tertawa terhadap kesehatan yang di ungkapkan oleh Dr. Cynara Coomer, seorang ketua dari Breast Surgery & Director dari Comprehensive Breast Center di Staten Island University Hospital bahwa Tertawa merupakan tindakan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah Anda mengalami peregangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa Anda akan benapas lebih cepat. Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akan membuat peredaran darah jauh lebih lancar.

Tapi jangan lah anda tertawa berlebihan karena berikut adalah bukti kisah unik tertawa bisa mati, mereka mati karena tertawa berlebihan. silahkan lihat daftar orang mati karena tertawa :
  • Zeuxis, pelukis Yunani, menertawai lukisan wanita yang baru saja ia selesaikan. Kemudian karena tertawa terlalu berlebihan, akhirnya ia sesak napas dan mati pada akhirnya. nah gimana apa sekarang anda percaya kisah unik nyata tentang tertawa. nih dia fotonya
  •  komedian Yunani, Philemon, mati karena menertawakan leluconnya sendiri.
  • Chrisyppus, seorang filsuf Yunani, mati karena tertawa pada saat melihat keledai sedang makan buah ara.
  • Pietro Aretino, penulis dari Italia. mengalami kisah unik nyata mati karena tertawa karena Mendengar cerita jorok dari saudara perempuannyaa, tertawa hingga terjungkal dari kursinya kemudian ia kejang-kejang lalu mati.
  • Pengarang eksentrik asal Skotlandia, Thomas Urquhart, mati ketika menertawakan perbaikan singgasana raja Charles II.
  • Malam bulan April 1872. Nyonya Fitzherbert, bersama teman-temannya yang berasal dari Northamptonshire pergi ke Drury Lane Theatre untuk menonton Beggar’s Opera. Ketika seorang karakter bernama Polly melakukan adegan konyol, Nyonya Fitzherbert tertawa begitu keras hingga tidak bisa berhenti dan terpaksa dikeluarkan dari ruang theatre. Satu minggu setelah malam itu, Nyonya Fitzherebert dikabarkan mati karena terserang histeria berkelanjutan.
  • 24 Maret 1975. Alex Mitchell mati tertawa saat menonton tayangan TV komedi The Goodies. Pada episode itu, muncul karakter yang berdandan khas orang Skotlandia dan bermain kungfu. Setelah 25 menit tertawa, Alex berhenti tertawa, kemudian merosot di sofa terkena serangan jantung. Istrinya yang mengetahui hal tersebut, mengirimkan surat pada Goodies karena telah membuat suaminya mati dalam kebahagiaan.
  •  Ole Bentzen, audiolog asal Denmark mati tertawa karena menertawakan film “A Fish Called Wanda”. Saat tertawa, detak jantungnya meningkat hingga 300 degupan per menit.
ayo giman sekarang pecaya kan????...memang sih ada yang bilang  tertawa lah sebelum tertawa di larang, tapi gimana kalau tertawa berlebihan. bisa-bisa anda juga bisa masuk daftar orang yang memngalami kematian karena tertawa

Menghitung Anoda korban pada kapal

Seperti janji saya yang kemarin hari ini saya akan posting tentang cara menghitung anoda korban pada kapal tapi sebelum kita menghitung anoda korban kapal ada baiknya kita tau cara menghitung laju korosi.  laju korosi sendiri dapat di hitung dengan berbagai metode (kemaren waktu ngerjain skripsi saya pake metode kehilangan berat)

Dalam hal ini perlu memperhitungkan luas relatif dari anoda dan katoda, karena apabila anoda telah terkorosi habis maka katoda akan segera terkorosi. Jadi laju korosi anoda harus diperhitungkan untuk memperkirakan penggantian anoda. Parameter untuk menghitung laju korosi adalah keluaran arus per satuan luas permukaan terbuka yang juga disebut laju pengausan (wastage). Juga dinyatakan dengan laju hilangnya logam dalam satuan volume maupun satuan masa perluas permukaan per tahun. Dalam perlindungan korosi dengan metode anoda korban ini, laju korosi dapat dinyatakan sebagai berikut

Cr = (K.W)/(D.A.T)

dimana :
CR = Laju korosi (mm/th)
W = Massa yang terkorosi (gram)
A = Luas tercelup (cm2)
K = 8.76 x 104
T = Waktu (jam)
D = Densitas (gram/cm3)

Perhitungan Kebutuhan Anoda Korban kapal
Luas permukaan basah (wetted surface area) merupakan rancang bangun luas permukaan lambung kapal yang tercelup di dalam air laut sangatlah diperlukan, untuk menentukan berapa banyak anoda yang diperlukan, tempat peletakan anoda korban, dan lain sebagainya. 
langkah-langkah perhitungan kebutuhan anoda kapal secara garis besar yaitu sebagai berikut : 
  1. Perhitungan permintaan arus (Ic)
  2. Perhitungan masa anoda korban
  3. Kemampuan material anoda korban
  4. Faktor guna anoda korban (u)
  5. Perhitungan arus keluar
Sebagai bahan referensi saya sempat download dan mudah-mudab bisa membatu anda,filenya format pdf kapasitas 1,5 mb. silahkan anda download cara menghitung anoda korban kapal klik DISINI
sekian postingan dan file dari kapal cargo blog untuk anda yang ingin mengetahui cara menghitung anoda korban pada kapal


Saturday, 14 May 2011

Vacancy S1 perkapalan Mei 2011 di Singapura

lowongan kerja teknik perkapalan, karir, vacancy, jobs. kapal cargo blog berhasil dapat info lowongan kerja yang menerima S1 teknik perkapalan
BPS Placement Services Pte Ltd success has been a result of our focus in facilitating the success and growth of our clients globally in business whilst enhancing the career opportunities for our candidates.

Our client is an independent Oil & Gas operating company seeking Engineering Manager. The right candidates must provide process engineering expertise to aid in the execution of the company’s onshore and offshore projects and ongoing operations.

Engineering Manager
(Singapore - West)

Responsibilities:
  1. Effective delegation and control of resources for optimum productivity
  2. Welfare of department personnel and identification of training needs
  3. Continual appraisal of department personnel
  4. Ensuring compliance with regulatory, company, quality, environment, occupational health and safety standards and procedures
  5. Plan, implement, and demonstrate continual improvement in occupational health and safety, quality, environment and productivity
  6. Succession plan within the department
  7. Liaison and coordination with regulatory bodies, clients, consultants, contractors, and internally within the company to satisfy their needs, within commercial controls, and essential requirement
  8. Ensure company and project milestones, and commercial controls ae achieved by effective planning, logistics, and execution
  9. Assessment of consultants, suppiers, subcontractors
  10. Ensuring comprehensive inputs to Commercial, Purchase departments, with relevant technical details, support documents
  11. Ensuring optimum work processes and equipment utilization
  12. Generate, control and monitor department budgets
  13. Document monthly reports as required

Requirements:

  1. University degree in Engineering
  2. 8 to 10 years of relevant marine and shipbuilding experiences
  3. Strong leader, business driven, advocate of development investment and manage without second-guess
  4. Strong organizational, interpersonal and communication skills
  5. Accomplished negotiator with sound analytical abilities and capable of cost control and administration
  6. Good team player, with a proactive approach
  7. Possess professional integritu, analytical and creative thinking

Interested applicants, please submit a copy of your detailed resume in MS Word or PDF format (including current and expected salary package) to recruitment@bpsrs.com. Only short-listed candidates will be notified.

Reference : jobstreet

sekian info lowongan kerja dari kapal cargo blog sukses aja deh buat anda mudah-mudahan info ini bermanfaat buat anda pencari lowongan kerja S1 teknik perkapalan mei 2011 di singapura

Anoda Korban pada kapal

Anoda korban kapal merupakan proteksi katodik yang di gunakan untuk melindungi pelat baja kapal dari serangan korosi pada kapal. Ada dua jenis proteksi katodik, yaitu dengan metoda anoda korban (sacrificial anode) dan dengan metoda arus tanding (impressed current). Anoda korban relatif lebih murah, mudah dipasang bila dibandingkan dengan metoda arus tanding. Keuntungan lainnya adalah tidak diperlukannya peralatan listrik yang mahal dan tidak ada kemungkinan salah arah dalam pengaliran arus.

Barangkali yang paling sederhana untuk menjelaskan cara kerja proteksi katodik dengan anoda korban adalah menggunakan konsep tentang sel korosi basah seperti. Kaidah umum dari sel korosi basah adalah bahwa dalam suatu sel, anodalah yang terkorosi, sedangkan yang tidak terkorosi adalah katoda. Anoda-anoda yang dihubungkan ke struktur dengan tujuan mengefektifkan perlindungan terhadap korosi dengan cara ini disebut anoda korban (sacrificial anodes). Kita dapat memanfaatkan pengetahuan mengenai deret galvanik untuk memilih suatu bahan yang akan menjadi anoda. Anoda korban yang biasa digunakan di lingkungan pantai diantaranya adalah seng dan aluminium.

gambar cara kerja anoda korban

Sel korosi basah sederhana

Perlindungan yang akan diberikan oleh seng akan luar biasa seandainya logam tersebut dapat dilarutkan dengan laju yang kurang-lebih konstan. Seng murni yang tersedia di pasaran, terkorosi di air laut sambil membentuk selapis kulit kedap air yang sangat membatasi keluaran arusnya. Diantara bahan-bahan pengotor : besi, tembaga dan timbal; yang paling menimbulkan efek merusak pada anoda adalah besi. Kelarutannya dalam seng sedemikian rendah (<0.0014%) sehingga apabila berlebih maka kelebihan-kelebihan itu akan berupa partikel-partikel terpisah. Hal ini pada gilirannya akan membentuk sel galvanik lokal yang menghasilkan suatu lapisan seng hidroksida/seng karbonat yang tidak dapat larut dan tidak menghantarkan listrik; yang akhirnya menjadikan anoda tidak efektif

Dalam keadaan normal aluminium mengalami korosi sumuran dalam air laut diakibatkan oleh lapisan oksida yang bersifat katodik yang selalu membungkus logam itu ketika masih berada di udara bebas. Unsur paduan yang ditambahkan dapat mencegah terbentuknya selaput oksida yang merata, merekat erat dan protektif sehingga kegiatan galvanik terus berlangsung. Dengan tujuan inilah orang mengembangkan paduan aluminium yang menggunakan seng dan air raksa atau seng dan indium. Paduan aluminium mempunyai nisbah daya listrik/berat yang lebih besar dibandingkan dengan paduan seng dan penggunaan paduan aluminium mulai menggantikan penggunaan seng dalam beberapa penerapan khususnya pada industri lepas pantai.

Anoda korban yang dianjurkan untuk dipakai pada kapal berdasarkan Biro Klasifikasi Indonesia dalam Regulation for the Corrosion Protection and Coating System dapat di lihat pada gambar berikut.

Jenis anoda korban pada kapal menurut rulus BKI

Postingan ini masih akan terus berlanjut sehingga kita mengetahui bagaiman cara menghitung anoda korban pada kapal

KOROSI KAPAL BAJA

Korosi kapal baja mengakibatkan turunnya kekuatan dan umur pakai kapal, sehingga dapat mengurangi jaminan keselamatan muatan barang dan penumpang kapal. Untuk menghindari kerugian yang lebih besar akibat korosi air laut maka diperlukan suatu perlindungan korosi pada plat kapal. korosi kapal dapat di tanggulangi dengan berbagai cara antara lain dengan menggunakan anoda korban kapal dan cat kapal


gambar korosi kapal baja
korosi kapal baja

Kapal baja merupakan kapal dengan seluruh bangunan terbuat dari baja paduan dengan komposisi kimia sesuai standar untuk konstruksi kapal yang dikeluarkan oleh biro klasifikasi kapal (Standards:ABS, BKI, DNV, RINA, GL, LR, BV, , NK, KR, CCS and etc) dengan klas baja : A, B, C, D dan E. ( Grade: A, B, D, E, AH32-AH40, DH32-DH40 ,A32 ,A36 ,D32, D36 and etc) dengan tebal: 8 mm s/d 100 mm, lebar : 1500 mm s/d 2700 mm, panjang : 6 m s/d 13 m.
Baja untuk konstruksi kapal pada umumnya dibagi menjadi tiga bagian, yaitu baja konstruksi kapal biasa, baja konstruksi kapal dengan tegangan tinggi, dan baja tempa. Baja untuk konstruksi kapal mempunyai sifat mekanis yang sudah mendapat persetujuan dari BKI.

berikut adalah sifat mekanis plat baja kapal menurut BKI tahun 2006
sifat mekanis plat baja kapal menurut BKI tahun 2006

Pemakaian pelat baja untuk bangunan kapal memiliki resiko kerusakan yang tinggi, terutama terjadinya korosi pada pelat baja yang merupakan proses elektrokimia, akibat lingkungan air laut yang memiliki resistivitas sangat rendah + 25 Ohm-cm,jika dibandingkan dengan air tawar + 4.000 Ohm-cm, (Caridis, 1995) dan sesuai dengan posisi pelat pada lambung kapal. 
Posisi pelat baja lambung kapal terbagi dalam tiga bagian yaitu :
  1. Selalu tercelup air yaitu pelat lajur alas, pelat lajur bilga, dan pelat lajur sisi sampai sarat minimal.
  2. Keluar masuk air yaitu pelat lajur sisi kapal dari sarat air minimal sampai sarat air maksimal
  3. Tidak tercelup air yaitu pelat lajur sisi mulai dari sarat maksimal sampai dek utama kapal
Korosi kapal baja dapat dibedakan menjadi menjadi 5 jenis yaitu korosi merata, pelobangan, korosi tegangan, korosi erosi dan korosi celah.
  1. Korosi Merata atau uniform corrosion adalah seluruh permukaan pelat terserang korosi biasanya pada bagian pelat yang berada diatas garis air.
  2. Korosi Pelobangan (pitting corrosion), pada permukaan pelat terjadi lobang yang semakin lama akan bertambah dalam dan akhirnya dapat menembus pelat kapal.
  3. Korosi Tegangan (stress corrosion), korosi pada bagian pelat yang memikul beban besar.
  4. Korosi Erosi (errosion corrosion), korosi yang terjadi pada material yang menerima tumbukan partikel cairan yang mengalir dengan kecepatan tinggi.
  5. Korosi Celah (crevice corrosion), korosi yang terjadi pada celah, daerah jepitan, sambungan dan daerah yang ditutupi binatang dan tumbuhan kecil.
Korosi kapal baja ini dapat dikurangi seminimum mungkin sehingga nilai laju korosi kapal baja semakin kecil, korosi tidak dapat di hentikan 100% karena kapal baja sama halnya dengan manusia walau kita sangat jago menjaga kesehatan ujung-ujung is dead juga. begitu juga dengan korosi kapal baja kita hanya dapat menekan nilai laju korosi seminimum mungkin sehingga umur kapal dapat sesuai dengan rencana awal agar dapat menekan nilai kerugian yang di akibatkan oleh korosi kapal baja

Thursday, 12 May 2011

Career mei 2011 in PT. Tri Link Indonesia

Lowongan kerja teknik perkapalan mei 2011 sampai juni 2011 di PT. Tri link Indonesia, 

We have sought to place ourselves at the critical juncture where the interest of Oil, Gas and Petrochemicals companies, expanding and enhancing their Upstream/Downstream activities, and those of Professionals and skilled workers, wishing to exploit the rapid overseas growth of demand for their skills, meet and complement each other.

Position / Job Title : Engineering Coordinator/Manager 
  1. Academic Qualification BSc/Bachelors
  2. Specifications:
    - Bachelor degree in Engineering
    - Having at least 15 years experience in Engineering Work for Oil and Gas Projects
for compelete information please click PT. Tri Link Indonesia

Padat singkat dan mudah-mudahan jelas, info ini ksusus buat anda pencari lowongan kerjakarir, baik di bidang teknik maupun bidang perkapalan