CARA MEMBUAT KAPAL

sebelum kita mengetahui cara membuat kapal pastinya kita harus tau dulu langkah-langkah yang dilukukan.Dalam merancang sebuah kapal atau cara cara membuat kapal, langkah awal yang dilaksanakan adalah Prarancangan. Prarancangan ini dimaksudkan agar si perencana dapat mengetahui atau memperkirakan bagaimana bentuk dan keadaan kapal yang dirancang.
Untuk merencanakan sebuah kapal harus diketahui beberapa faktor yang biasanya ditentukan oleh pihak pemesan (owner) antara lain :

1. Type Kapal.
Type kapal adalah suatu variabel yang paling mendasar dalam merancang suatu kapal. Dimana dengan ditentukannya type kapal maka semua batasan-batasan praktis yang digunakan dalam perencanaan kapal atau membuat kapal dapat diketahui.kan tdk mungkin kita mau membuat kapal eh tapi kita tdk tau tipe atau jenis kapal yang akan dibuat. ne dia info tentang  JENIS JENIS KAPAL

2. Jenis Muatan.
Muatan sangat menentukan dalam penentuan daya angkut kapal rancangan, dapat diketahui besarnya kapasitas ruang muat dan jenis-jenis muatan kapal. Muatan kapal yang akan diangkut berupa garam, gula, mentega, tepung terigu, kopi, mentega, pupuk dan jenis muatan lainnya yang diperlukan. Jenis muatan ini akan menentukan bentuk kemasan yang baik selama operasi pelayaran.

3. Kapasitas Kapal.
Merupakan daya angkut dari sebuah kapal di mana termasuk berat muatan,bahan bakar, minyak pelumas, air tawar, bahan makanan, berat ABK serta barang bawaan.

4. Kecepatan Kapal.
Kecepatan kapal sangat berpengaruh terhadap bentuk dan body kapal yang akan dirancang, Sehingga dalam penentuan ukuran utama kapal dapat diketahui dari rumus-rumus empiris yang digunakan dalam merancang kapal. Kecepatan kapal menyangkut driving power dan rute pelayaran. Kecepatan kapal merupakan faktor yang sangat penting dalam mendesain karena pihak pemesan kapal kemungkinan akan menolak kapal tersebut jika ternyata kapal yang dihasilkan memiliki kecepatan yang tidak sesuai yang diinginkan.

5.Tenaga Penggerak.
Penentuan tenaga penggerak dalam prarancangan ini sangat perlu karena menentukan besar mesin utama yang digunakan serta mesin bantu untuk kapal rancangan sesuai dengan daya yang dibutuhkan. Tenaga penggerak yang digunakan harus memiliki nilai ekonomis bagi kapal rancangan tersebut.

6. Trayek.
Trayek pelayaran akan menentukan berapa besar jarak tempuh dari kapal selama melakukan operasi pelayaran. Trayek pelayaran ini nantinya akan menentukan besarnya jumlah bahan bakar yang digunakan oleh kapal selama berlayar, perbekalan yang harus disediakan, dan hal lain yang menyangkut masalah jarak tempuh pelayaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Follow