penggerak kapal layar motor

penggerak kapal layar motor, Penggunaan layar sebagai penggerak utama Kapal Layar Motor sangat ditentukan oleh arah dan kecepatan angin dan luas bidang tangkap angin pada layar Kapal Layar Motor, gaya dorong ditentukan oleh penggerak utama layar dan sangat  tergantung dari kinerja sistem penggunaan layar. Frekuensi penggunaan layar kapal diperkirakan hanya befungsi sekitar 10% - 15%, penggunaan layar  untuk Kapal Layar Motor ukuran lebih besar dari 150 GRT hanya berfungsi sebagai formalitas untuk mempeertahankan status Kapal Layar Motor tradisional.
Penggunaan layar kapal hanya digunakan jika daya mesin kapal lebih kecil dan terbatas pada perahu ukuran  - ukuran kurang dari 150 m³. Terdapat kesan bahwa penggunaan layar kapal hanya dijadikan sebagai pajangan untuk mempertahankan status sebagai kapal layar motor. Penggunaan mesin lebih cenderung (70% - 80%) sebagai penggerak utama kapal.   
Kebutuhan tenaga penggerak bantu kapal untuk mesin penggerak berdasarkan gambar dibawah terlihat bahwa, proporsional penambahan kecepatan daya mesin (HP) hanya terjadi pada batas kecepatan 5 – 7 knot untuk kapal layar motor ukuran kurang dari 200 GRT sedangkan untuk ukuran lebih besar dari 200 GRT nampaknya sudah tidak proporsional (tidak ekonomis).
berikut ini gambar Kurva kebutuhan tenaga angin penggerak bantu kapal layar motor.
 gambar  Kurva kebutuhan tenaga angin penggerak bantu Kapal Layar Motor

Diperkirakan sekitar 70% perahu sudah mengandalkan mesin bantu sebagai penggerak utama kapal layar, terutama bagi perahu – perahu atau Kapal Layar Motor dengan ukuran diatas 200 GRT. Kecepatan Kapal Layar Motor yang diinginkan oleh operator berkisar 8 knot, bahkan beberapa operator sudah menggunakan mesin untuk kecepatan Kapal Layar Motor sampai dengan 9 knot. Kondisi ini dapat menambah waktu layar Kapal Layar Motor, dan tendensi lainnya menggunakan alat angkut bongkar muat 1-2 ton. Dengan demikian tendensi – tendensi tersebut di atas menurut operator berorientasi untuk meningkatkan produktifitas armada pelayaran rakyat dan pada akhirnya waktu layar Kapal Layar Motor dapat bertambah.
postingan kali ini saya ambil dari skripsi teman tentang propulsi kapal, sekian postingan saya tentang penggerak kapal layar motor

2 comments:

  1. bisa bahas tentang kapal layar motor lebih spesifik gk?? trus untuk mengetahui ttg itu bahannya darimana ya... kebetulan saya mau ambil skripsi minor ttg itu, tq

    ReplyDelete
  2. fokus ke masalah apanya ya???
    maksudnya bahan baku atau bahan referensi

    ReplyDelete

Follow