Wednesday 5 January 2011

Poros Propeller Kapal

Poros propeller merupakan salah satu bagian terpenting dari instalasi penggerak kapal. Putaran mesin ditransmisikan ke propeller melalui poros, maka poros sangat mempengaruhi kerja mesin bila terjadi kerusakan.
Yang perlu diketahui adalah bahwa kedudukan poros propeller dengan mesin induk adalah harus segaris atau dengan kata lain harus dalam satu garis sumbu. Jika kelurusan garis atau sumbu poros dan mesin induk belum tercapai maka perlu dibuat tambahan dudukan untujk mesin atau mengurangi tinggai dengan jalan mengurangi tebal bantalan, asalkan tebal bantalan amsih dalam batas yang memenuhi criteria tebal minimum suatu bantalan.
Bantalan juga digunakan untuk mengurangi terjadinya getaran pada poros yang mengakibatakan berkurangnya efektifitas poros propeller juga untuk menghindari terjadinya deformasi pada poros propeller

 Bagian – Bagian poros.
Tenaga kerja yang dihasilkan mesin induk di teruskan dalam bentuk putaran melalui serangkaian poros ke baling-baling diberikan dorongan yang di bangkitkan oleh baling-baling di teruskan kebadan kapaloleh poros baling-baling.Rangkaian poros itu disebut “Shafting” dan pada umumnya terdiri dari bagian –bagian berikut :
1. Poros pendorong ( Trust Shaft)
2. Poros bagian tengah (Poros antar) Intermediate shaft
3. Poros baling-baling ( Propeller shaft)
Ketiga poros ini saling di hubungkan oleh flange couplings ( sambungan flens)

5 comments:

  1. bagaimana caranya membuat poros propeller dengan menggunakan bubut kak, makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  2. adakah standar dimensi poros propeller pada kapal untuk speed boat dan kapal cargo ? jika anda, bisakah anda memberi tahu saya gambar berserta ukuran dimensinya ?

    ReplyDelete
  3. bagaimana PROSES Bongkar Pasang poros propeller gan???

    ReplyDelete
  4. bagaimana cara memasang dan menentukan kelurusan poros baling baling yang tersambung antara poros gearbox dengan poros intermedite

    ReplyDelete
  5. bangaimana cara menentukan kelurusan sambungan pada as propeler dan rumusnya.sehingga poros bisa dinyatakan lurus

    ReplyDelete