boiler kapal (ketel uap kapal)

boiler kapal atau dalam bahasa indonesia disebut Ketel Uap adalah alat untuk menghasilkan uap air, yang akan digunakan untuk pemanasan atau tenaga gerak. Bahan bakar pendidih bermacam-macam dari yang populer batubara dan minyak bakar, sampai listrik, gas, biomasa, nuklir dan lain-lain.

Aplikasi boiler di Kapal
Fungsi utama boiler di kapal adalah untuk menghasilkan uap. Uap yang dihasilkan oleh boiler selain sebagai pemanas bahan bakar kapal seperti yang telah disebutkan, juga bisa digunakan untuk menggerakkan turbin uap yang juga digunakan sebagai motor penggerak utama kapal.
boiler kapal (Ketel uap) memanaskan cairan yang ada di dalamnya dan mengubah cairan tersebut menjadi uap. Uap yang telah terbentuk kemudian dialirkan ke bagian bagian yang membutuhkan, bisa untuk menggerakkan turbin uap atau digunakan sebagai sumber panas. 
fungsi boiler di kapal adalah untuk Menghasilkan daya untuk penggerak utama dan penggerak bantu, Untuk peralatan pemanas ( pemanas ruangan, bahan bakar, muatan minyak dln ), Pada kapal tanker digunakan sebagai pembersih tangki minyak ( Tank Cleaning ).
gambar boiler kapal (ketel uap vertikal dan horizontal)
gambar boiler kapal

Boiler kapal merupakan bagian dari peralatan yang digunakan untuk membantu kerja mesin penggerak utama. Dalam melaksanakan kerjanya, boiler kapal membutuhkan beberapa peralatan yang lain. Seperti definisinya, boiler kapal merupakan peralatan yang digunakan untuk mengubah cairan, yaitu air, menjadi uap, maka boiler kapal membutuhkan bahan yang akan diubah menjadi uap, yaitu air ( biasa disebut: feed water). Untuk mengubah cairan menjadi uap boiler membutuhkan panas, panas yang diperlukan diperoleh dari bahan bakar. Aliran cairan sampai menjadi uap digambarkan pada gambar berikut ini:
gambar skema kerja boiler kapal
gambar skema kerja boiler kapal

Jika pompa digunakan untuk memindahkan bahan bakar dari tanki bahan bakar menuju mesin penggerak utama, bagaimana dengan boiler kapal? Boiler kapal memiliki peran yang penting juga dalam operasional mesin penggerak utama. Bahan bakar yang dipindahkan oleh pompa pada umumnya adalah bahan bakar yang memiliki viskositas yang tinggi, viskositas ini mempengaruhi kekentalan bahan bakar. sehingga jika nilai viskositas tidak diturunkan maka bahan bakar akan mengental dan sulit untuk dipompa dan sulit untuk masuk menuju nozzle bahan bakar mesin penggerak utama. Untuk menurunkan kekentalan ini maka bahan bakar harus dipanaskan terlebih dahulu. Proses pemanasan bahan bakar tidak boleh menggunakan api, karena bahan bakar akan dengan mudah terbakar. Proses pemanasan bahan bakar tersebut menggunakan aliran uap panas yang dialirkan melalui pipa –pipa yang dipasang dalam tangki bahan bakar atau pada jalur aliran bahan bakar menuju mesin penggerak utama. Uap panas yang dialirkan tersebut diperoleh dari boiler kapal

8 komentar:

  1. Mohon lebih lengkap lg dong tentang boiler pada kapal tanker modern, mau bgt menyerap ilmu nya.
    thanks.

    Idham
    085697091082

    BalasHapus
  2. lengkapi dong, perhitungan pipa air 'n pipa api dan komponen lainnya secara lengkap. hatur nuhuuuu.....nnnn

    BalasHapus
  3. sangat membantu... cuma bahasa tulisnya mbulet bin bikin puyeng,, jangan2 copas or just translate y ????

    BalasHapus
  4. kalau boleh saya bertanya....?
    Kira2 berapa min/max (Mpa) tekanan dalam drum,berapa min/max (Mpa) main steam press/main steam temp serta berapa suhu dan tekanan dalam dapur boiler....?

    Saya harap Blogger bisa berbagi pengetahuan...
    TERIMAH KASIH.

    BalasHapus
  5. lay out posisi di kamar mesin kok g ada?

    BalasHapus
  6. Pembahasan tentang boiler kapal ini sangat menyesatkan sehingga supaya segera dicabut dari edaran. Sebagai Chief Marine Engineer yang berkecimpung lebih dari 40thn bertugas di pelbagai kapal dengan pelbagai Main Propulsion system, saya sangat menganjurkan agar penulis masuk sekolah lagi jumpa dengan saya untuk diajari tetang ketel uap.

    BalasHapus

Follow