KAPAL TENAGA SURYA TERBESAR 2011

kapal tenaga surya adalah jenis kapal yang sumber energi penggerak kapal berasal dari tenaga matahari.
kapal tenaga surya terbesar di dunia tahun 2011 yaitu Planet Solar. kapal planet solar adalah kapal bertenaga matahari dimana panel tenaga mataharinya- photpvoltaic modules - berukuran 500 m2 yang berada di bagian atas kapal dan bisa menampung tenaga matahari sebesar 103.4 kW.  Selain juga memiliki baterai yang mampu membuat kapal itu bergerak selama 3 hari tanpa menggunakan tenaga matahari.
kapal Planet Solar sendiri berukuran panjang 30 m dan lebar 15 meter, dan berbobot 60 ton dan bisa menampung sekitar 50 penumpang. Kapal tenaga surya ini dibuat di Knierim Yacht Club di Kiel, Jerman bagian utara  selama 14 bulan dan menelan biaya sekitar $13,6 Juta.

Adapun pemilik kapal ini bernama Immo Stroeher dan Raphael Domjan dari Swiss dimana tim Planet Solar terdiri dari ahli fisika, ahli mesin, pembuat kapal, dan spesialis pelindung lingkungan.
berikut video kapal tenaga surya terbesar di dunia 
kapal tenaga surya terbesar di dunia 2011
silahkan klik DOWNNLOAD untuk menikmati video kapal tenaga surya terbesar2011
berikut adalah kutipan kalimat pada video kapal tenaga surya terbesar 2011 diatas "Inilah kapal yang digembar-gemborkan sebagai kapal bertenaga surya terbesar di dunia. Dengan panjang hampir 100 kaki, lebar 50 kaki, dan bobot 60 ton, kapal bernama "Planet Solar" ini dilengkapi dengan modul PV atau fotovoltaik, dan diluncurkan di Monako pada hari Senin.

Pengusaha Jerman Immo Stroeher, dan pendiri proyek Swiss Raphael Domjan, berhasil mewujudkan mimpi mereka dengan memecahkan rekor perjalanan keliling dunia dengan kapal tersebut, membuktikan bahwa tenaga surya cukup layak untuk transportasi.

kapal menggunakan baterai khusus, hingga ia dapat berlayar selama tiga hari tanpa tenaga surya baru.

Menurut pembuat kapal Jerman, kapal harus mampu mencapai kecepatan hingga 15 mil perjam. Enam dari awak kapal berharap, perjalanan keliling dunia ini akan selesai dalam 160 hari, dengan rencana pemberhentian di Miami, Cancun, San Fransisco, Sydney, Singapura, dan Abu Dhabi."
satu bulan setelah mereka memulai perjalanan mengelilingi dunia dalam sebuah kapal bertenaga surya, kru Eropa dari kapal Tûranor PlanetSolar berhasil menarik rasa ingin tahu beberapa penghuni lokal Samudra Atlantik.
"Kami berlayar beriringan dengan paus sperma selama hampir 20 menit," kata nakhoda kapal, Patrick Marchesseu. "Mereka kedengarannya merasa nyaman dengan tamu yang tidak menimbulkan kebisingan."

kapal tenaga surya terbesar 2011 saat mengelilingi dunia berbobot 95 ton yang tidak berisik tersebut mulai bertolak pada bulan September 2010 dari Monaco untuk suatu perjalanan yang diperkirakan menghabiskan waktu delapan bulan. Kapal senilai 17,5 juta dollar AS itu bisa mencapai kecepatan 12 knot dan bertujuan untuk menunjukkan potensi perjalanan bebas polusi udara.

Kapal ini memang sepenuhnya menggunakan matahari sebagai sumber tenaga. Sinar matahari mengenai 825 panel surya—beberapa dipasang di bagian sayap yang diperpanjang—yang dapat menghasilkan listrik sampai 93,5 kilowatt. Baterai lithium-ion di kedua pengapung menggerakkan kapal tersebut pada malam hari dan cukup untuk melewati tiga hari penuh tanpa sinar matahari. Sebuah komputer mengendalikan aliran energi ke baterai tersebut dan motor-motor yang menggerakkan baling-baling kapal pesiar sepanjang 1,8 meter.

Meski modern, selama menjelajah dunia, beberapa tradisi pelayaran masih dilakukan. Tradisi itu antara lain dilakukan saat pelayaran pertama melintasi Khatulistiwa. Kata pemimpin proyek, Gerhard Beinhauer, saat itu dilakukan pula suatu upacara atau ritual perjalanan "Dengan Dewa Neptunus, yang dibantu oleh Helios, Dewa Matahari."

Selama upayanya mengelilingi dunia, Tûranor PlanetSolar berlayar pada lintasan 30 derajat garis lintang Khatulistiwa untuk memaksimalkan paparan sinar matahari. demikian postingan saya yang dihimpun dari beberapa sumber tentang kapal tenaga surya terbesar 2011

No comments:

Post a Comment

Follow