Tuesday 19 April 2011

jenis jenis valve (katup)

valve atau juga disebut katup adalah sebuah alat untuk mengatur aliran suatu fluida dengan menutup, membuka atau menghambat sebagian dari jalannya aliran. Contoh yang mudah adalah keran air. Adalah kewajiban bagi seorang insinyur pipa untuk mengetahui setidaknya dasar-dasar dari valve ini. diatas kapal valve sangat memegang peranan penting dalam instalasi pipa, baik itu instalasi pipa bahan bakar kapal , ballast, bilge, sanitary, dan lainnya.
jenis-jenis valve yang sering di gunakan yaitu gate valve, globe valve, Butterfly Valve, ball valve, Plug Valve, dan Check Valve atau Non-Return Valve.
1. Gate valve (katup)
jenis valve ini mempunyai Bentuk penyekat piringan, atau sering disebut wedge, yang digerakkan ke atas bawah untuk membuka dan menutup. Biasa digunakan untuk posisi buka atau tutup sempurna dan tidak disarankan untuk posisi sebagian terbuka.
  • valve (Katup) ini disebut katup gate karena mengandung unsur penutupan disebut gate yang berhenti mengalir. Pintu gate bertindak seperti sebuah rana yang memisahkan bagian dalam rumah dari luar atau pintu yang memisahkan dua kamar.
  • Sebuah disk vertikal bertempat di katup tubuh slide gerbang atas dan bawah pada sudut kanan ke arah aliran dalam pipa, menutup atau membuka katup. Arus diblokir dengan menggunakan efek wedge-lock disc katup/valve itu.
gambar gate valve pada saat tertutup
 gambar gate valve pada saat tertutup

gambar gate valve pada saat terbuka
 gambar gate valve pada saat terbuka

 gambar komponen gate valve
 gambar gate valve

2. Globe Valve
jenis valve globe valve/katup biasanya Digunakan untuk mengatur banyaknya aliran fluida. 
  • Katup globe dinamai sesuai bentuknya. bentuk globe valve memiliki partisi interior, dan katup inlet dan pusat-pusat outlet yang inline. Konfigurasi ini memaksa perubahan arah aliran dalam bentuk S. 
  • Disk menghambat aliran cairan dengan menekan terhadap seat di partisi. Konsep: force againts.
  • dengan mengubah posisi disc valve globe, globe valves dapat di gunakan untuk both throttling  dan untuk full-on, full-off flow control.
gambar komponen valve globe
gambar komponen valve globe (silahkan klik gambar untuk melihat ukuran besar)

3. Butterfly Valve
Bentuk penyekatnya adalah piringan yang mempunyai sumbu putar di tengahnya. jenis valve ini Menurut disainnya, dapat dibagi menjadi concentric dan eccentric. Eccentric memiliki disain yang lebih sulit tetapi memiliki fungsi yang lebih baik dari concentric. Bentuknya yang sederhana membuat lebih ringan dibandingkan valve lainnya. 
gambar komponen Butterfly Valve
gambar komponen Butterfly Valve

6. Check Valve atau Non-Return Valve
jenis valve ini Mempunyai fungsi untuk mengalirkan fluida hanya ke satu arah dan mencegah aliran ke arah sebaliknya. Mempunyai beberapa tipe lagi berdasarkan bagian dalamnya seperti double-plate, swing, tilting, dan axial.
gambar komponen check Valve
gambar komponen check Valve
4. Ball Valve
Bentuk penyekatnya berbentuk bola yang mempunyai lubang menerobos ditengahnya.
gambar komponen ball Valve
gambar komponen ball Valve

5. Plug Valve
Seperti ball valve, tetapi bagian dalamnya bukan berbentuk bola, melainkan silinder. Karena tidak ada ruangan kosong di dalam badan valve, maka cocok untuk fluida yang berat atau mengandung unsur padat seperti lumpur.
cara menentukan jenis valve (katup) yang akan di gunakan
  1. cara menentukan jenis valve (katup) yang akan di gunakan  berdasarkan fungsi valve. jenis valve yang hanya akan digunakan untuk posisi buka atau tutup sempurna, gate, butterfly, ball atau plug dapat digunakan. Jika katup akan digunakan untuk mengatur banyaknya arus (digunakan dalam kondisi antara buka dan tutup) maka globe valve adalah yang paling sesuai. Lain halnya kalau fungsi yang dibutuhkan adalah mencegah adanya arus balik, maka check valve adalah satu-satu nya pilihan.
  2. cara menentukan jenis valve (katup) yang akan di gunakan berdasarkan ukuran valve. Ball, plug atau globe valve cocok untuk ukuran kecil, tetapi untuk ukuran besarkatup akan menjadi sangat berat, tidak efektif dan tidak ekonomis. Menggantinya menjadi butterfly valve adalah suatu jalan yang biasa diambil untuk katup berukuran besar. Tetapi perlu diperhatikan juga bahwa butterfly valve tidak biasa digunakan untuk fluida bertekanan tinggi.
Lalu bagaimana cara memilih jenis valve (katup) antara gate valve dan ball valve yang keduanya mempunyai fungsi yang sama? Struktur dari ball valve memunkinkan penggunaan soft/resilient seat untuk bagian penyekat. Dengan soft seat tersebut, ball valve bisa dibuat dengan jaminan zero leakage yang tidak bisa diaplikasikan pada gate valve. Selain itu, ball valve juga mempunyai sistem quarter turn yang memungkinkan menutup dan membuka katup dengan cepat. Tetapi dengan kelemahan soft seat yang rentan terhadap suhu tinggi, gate valve memiliki keunggulan dengan berat yang lebih ringan dan lebih ekonomis walaupun tidak menjamin zero leakage.
Disinilah dibutuhkan kemampuan seorang insinyur pipa yang bisa mempertimbangkan berbagai hal dalam mengambil keputusan katup manakah yang harus digunakan. Dalam menghadapi hal semacam itu, biasanya seorang insinyur akan mempertimbangkan pelajaran dari disain sebelumnya, baik dari pengalamannya sendiri ataupun dari data-data yang ada. Tabel berikut adalah contoh pegangan untuk memilih katup yang sesuai.
nah ini dia karakter valve berdasarkan jenis valve
karakter valve berdasarkan jenis/tipe valve (silahkan klik tabel untuk memperbesar)
 karakter valve berdasarkan jenis/tipe valve
 karakter valve berdasarkan jenis/tipe valve (silahkan klik tabel untuk memperbesar)
nah itu dia postingan saya tentag jenis valve, cara menentukan valve yang akan digunakan, tabel karakteristik valve diatas mempunyai kesamaan dan perbedaan, selanjutnya anda dapat menetukan jenis-jenis valve (katup)

11 comments:

  1. makasi info nya ya.. =..=!!

    ReplyDelete
  2. Thank's infonya, mo tanya kalo untuk mengalirkan semacam lem cocoknya valve apa?

    ReplyDelete
  3. trims bgt, jadi lebih memahami akan valve itu sendiri. TOP

    ReplyDelete
  4. bro, minta tabel astm dong yg format excel.
    oia, thanks. infox sngat brmnfaat.

    ReplyDelete
  5. mas bro minta tabel astm yg format excel dong, butuh banget nih.
    ini emailku.
    fhycko@gmail.com

    ReplyDelete
  6. terimakasih untuk penjabarannya yang sangat baik. Kebetulan saya baru terjun di industry valve sebagai sales dan sedang antusias sekali untuk belajar lebih banyak mengenai valve, saya ada pernah baca juga tentang pressure safety valve.. bole tolong dibantu dijelaskan.. terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  7. Terima kasih, sangat membantu :D

    -rw-

    ReplyDelete
  8. mas minta gaMBAR dan ukuran g vale yang besar bisa ga?

    ReplyDelete
  9. makasih infonya :)
    www.kst-indonesia.com

    ReplyDelete