SNMPTN UNHAS 2011/2012

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kapal blog ingin berbagi informasi tentang seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri di unhas tahun 2011/2012. hari gini siapa sih yang tidak mau masuk di perguruan tinggi negeri, entah masing-masing pasti punya alasan sendiri untuk memilih universitas yang akan di pilih.

PENDAFTARAN ONLINE SNMPTN  di  www.snmptn.ac.id (2 Mei - 24 Mei 2011)

Persyaratan dan Ketentuan SNMPTN 2011/2012
 A. Seleksi  
  1. Lulus Ujian Nasional SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara tahun 2009, 2010, dan 2011. Bagi lulusan tahun 2009 dan 2010, memiliki ijazah SMA/MA/SMK/MAK atau yang setara dan bagi lulusan tahun 2011 telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto yang bersangkutan dan dicap.
  2. Memiliki kesehatan yang memadai, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
  3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
B. Penerimaan 
Lulus Ujian Nasional, lulus ujian tertulis dan atau keterampilan SNMPTN 2011, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

C. Persyaratan
  1. Lulusan SMTA (SMA, MA, SMK, SMTA luar negeri, ujian persamaan, dsb) dari tiga angkatan kelulusan terakhir (2011, 2010, 2009).
  2. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di prodi pilihannya.
  3. Lulusan Paket C menyerahkan fotokopi rapor 3 tahun terakhir

D. Proses Seleksi
Dilakukan secara terpusat dengan bantuan komputer. Semua peserta SNM-PTN  diurutkan sesuai skor, lalu dialokasikan pada program studi (prodi) pilihannya, dengan ketentuan bahwa peserta dengan nilai lebih baik diprioritaskan untuk dialokasikan lebih dulu. Jika masih ada tempat di pilihan I, ia diterima di prodi pilihan I. Jika tempat di pilihan I penuh, dan masih ada tempat di prodi pilihan II,ia akan dialokasikan pada prodi pilihan II. Jika tempat pada pilihan I dan II telah penuh, maka ia tidak akan diterima, walaupun skornya masih cukup tinggi. Namun, bagi yang memilih 3 prodi, pilihan III akan diproses dengan cara yang sama.

E. Tempat Pendaftaran
Cara pendaftaran SNMPTN dilakukan oleh calon peserta secara online melalui web http://www.tertulis.snmptn.ac.id mulai tanggal 2 Mei 2011 sampai 24 Mei 2011

 Untuk adik-adik mahasiswa baru unhas yang ingin mengetahu informasi seleksi mahasiwa baru unhas 2011/2012 silahkan langsung klik disini (sumber)

Biaya pendaftaran SNMPTN UNHAS 2011/2012yaitu itu Rp. 150.000,- untuk peserta kel. IPA saja atau IPS saja dan Rp. 175.000,- untuk kel. IPC. Biaya disetorkan ke Bank Mandiri, biaya yang sudah disetorkan tidak dapat ditarik kembali. Pembayaran biaya ujian pada tanggal 2 - 24 Mei 2011 melalui Loket/ATM/Internet Banking Bank Mandiri.

Jadwal Ujian SNMPTN UNHAS 2011/2012 yaitu Ujian masuk dilakukan pada 31 Mei -1 Juni 2011 .
  1. Hari Selasa, 31Mei 2011:Tes Potensi Akademik dan Tes Bidang Studi Dasar (Matematika, Bah. Indonesia, dan Bah. Inggris)
  2. Hari Rabu, 1 Juni 2011 : Tes Bidang Studi IPA dan atau   Tes Bidang Studi IPS
Mekanisme Pedaftaran
Pendaftaran online dapat dilakukan dari manapun melalui website http://ujian.snmptn.ac.id dengan tata cara sebagai berikut:
  1. Calon peserta membayar biaya ujian mulai tanggal 2 Mei 2011 pukul 08.00 WIB sampai dengan 24 Mei 2011 pukul 12.00 WIB melalui Loket/ATM/Internet Banking Bank Mandiri. Pendaftaran secara online ditutup pada tanggal 24 Mei 2011 pukul 16.00 WIB.
  2. Ketika melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan nomor kartu identitas calon peserta (KTP/SIM/Paspor Indonesia/Kartu Keluarga) dan memilih kelompok ujian yang dikehendaki (IPA/IPS/IPC). Khusus bagi yang menggunakan paspor sebagai identitas diri, pembayaran hanya dapat dilakukan melalui Loket atau Internet Banking.
  3. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Nomor Identitas calon peserta, dan (b) PIN SNMPTN sepanjang 16 karakter. PERHATIAN: Nomor Identitas dan PIN SNMPTN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja.  Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  4. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website dengan alamat http://ujian.snmptn.ac.id dan memilih menu Pendaftaran. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan : Bukti pembayaran, Kartu identitas yang dipakai ketika melakukan pembayaran, Fotokopi ijazah/tanda lulus,  File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
  5. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan Nomor Identitas dan PIN SNMPTN yang tercantum dalam bukti pembayaran.
  6. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini berakibat pembatalan penerimaan di PTN yang dituju.
  7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  8. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2011. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian. Calon peserta telah resmi dinyatakan sebagai peserta ujian SNMPTN 2011.
Tutorial tatacara pendaftaran ujian tertulis dan atau keterampilan dapat diunduh (download) di website dengan alamat http://www.snmptn.ac.id mulai tanggal 25 Januari 2011.

Pengumuman Hasil Seleksi SNPTN UNHAS 2011/201 diumumkan di website dengan alamat http://www.unhas.ac.id/ yang dapat diakses pada hari Kamis, 30 Juni 2011 mulai pukul 00.00 WITA.

penilaian SNMPTN UNHAS 2011/2012
sekedar info nih ya buat adik-adik kalo ujian nanti jangan main asal jawab ya, soalnya gini lho hitung-hitungannya 
  • Jawaban BENAR : + 4
  • Jawaban SALAH : - 1
  • Tidak Menjawab : 0
Setiap mata ujian akan dinilai berdasarkan peringkat dengan skala nol sampai seratus sebelum nilai tersebut dijumlahkan dengan nilai mata ujian lainnya. Oleh karena itu, setiap mata ujian harus dikerjakan
sebaik mungkin dan tidak ada yang diabaikan.
nah ljo, hati-hati ya jangan sampe keceplosan jawabnya nanti....

nah buat adik-adik yang mau lihat program studi SNMPTN UNHAS 2011/2012 pilihan adik-adik yang bisa di pilih, silahkan langsung saja klik disini 
oiya kalo adik-adik calon mahasiswa baru butuh bantuan silahkan saja komen disini, demikian info saya buat adik-adik tentang SNMPTN UNHAS 2011/2012

3 komentar:

  1. maaf,
    saya mau tanya biaya kuliah UNHAS berapa yah?

    BalasHapus
  2. SPPnya persemester 750rb utk yg exact, 600rb non-exact, ayo semangat!!!

    BalasHapus
  3. total biaya masuk (pertama yg harus d bayar) untk FK UNHAS brapa ya?

    BalasHapus

Follow