Uji Tabrak Mobil Buatan China di Australia

adan independen  Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) belum lama ini melakukan uji tabrak (crash testing) terhadap kendaraan asal negeri China.

Hasil tes tersebut, seperti dilaporkan Sidney Morning Herald belum lama ini, menyebutkan sedan buntung (hatchback) Chery J1 buatan China meraih tiga bintang dari lima  yang disediakan ANCAP.
Kendaraan itu merupakan mobil paling murah di negeri Kanguru (10.990 dolar Australia) tapi  seperti dikutip SMH, nilainya juga terendah dalam uji tabrak.

ANCAP memberikan skor terhadap mobil Chery J1  sebesar 5,233 sedangkan angka tertinggi yang bisa dicapai adalah 16.

Pengujian  dilakukan pada kecepatan 64 km/jam dan hasilnya menurut ANCAP ruang penumpang J1 kehilangan integritas struktural dan  "perlindungan dari cedera dada serius pada  pengemudi."

Lutut pengemudi juga dikatakan berisiko cedera dari ujung  konsol tengah dan komponen steering colomn.

Chery berpintu lima itu meraih  nilai  11,733  (angka terbesar adalah 16)  untuk pengujian efek tabrak samping. ANCAP menyebutkan "risiko tinggi pada cedera dada yang membahayakan  nyawa pengemudi."

J1 tak punya banyak  fitur keamanan dibandingkan dengan kebanyakan mobil dalam segmen city car. Mobil itu hanya dilengkapi oleh dua kantung udara, untuk pengemudi dan penumpang, dan tak memiliki pengendali kestabilan elektronik yang mampu mengerem masing-masing roda guna membantu untuk mengendalikan selip.

Tidak adanya  kendali stabilitas pada kendaraan itu membuat negara bagian  Victoria belum mengizinkan penjualan kendaran itu di wilayah mereka. Menurut undang-undang Victoria,  teknologi keselamatan imerupakan hal wajib.

Sebelumnya, Great Wall Motor jenis  SA220 dan V240 memperoleh skor hanya dua bintang di pengujian ANCAP tahun lalu.

Juru bicara importir Chery, Ateco Automative,  mengatakan perusahaan merek China itu mengirimkan dua teknisi seniornya ke Australia untuk mempelajari prosedur tes dan hasilnya.

"Para teknisi berbicara  dengan pihak ANCAP dan memeriksa pengujian," kata Daniel Cotterill dari Ateco Automotie.

Chery akan memasuki  segmen paling populer di Australia akhir tahun ini dengan andalannya J3 yang punya enam kantung udara.
 
Apakah anda berminat kerja menjadi tenaga ahli pengemudi badan independen  Australasian New Car Assessment???

6 comments:

Follow