wisata bahari di sulawesi unggulan indonesia

wisata bahari di sulawesi yang menjadi unggulan indonesia menurut KEMENTRIAN Kebudayaan dan pariwisata (Kemenbudpar) mempetakan 12 kawasan kepulauan di seluruh wilayah Indonesia sebagai destinasi bahari unggulan. Ke 12 pulau ini masuk dalam rencana pengembangannya masuk dalam rencana induk (blueprint) pengembangan wisata bahari Kemenbudpar seperti yang dilansir Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.
dan dari 12 wisata bahari unggulan indonesia terdapat 3 tempat yang berada di sulawesi, yah cekidot langsung ke TKP :

wisata bahari Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Kawasan wisata bahari wakatobi ideal untuk kegiatan selam dan cruise regional. Program pengembangan wisata bahari di kawasan ini antara lain, kegiatan cruise internasional dan regional dengan pengembangan pelabuhan makasar sebagai hub, serta konservasi kekayaan laut dengan pemberlakuan sertifikat penyelam dan penegakan hukum.
Wakatobi merupakan singkatan untuk empat pulau utama Wangi- Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko
wisata bahari wakatobi

Taman Nasional Wakatobi memiliki potensi sumberdaya alam laut yang bernilai tinggi baik jenis dan keunikannya, dengan panorama bawah laut yang menakjubkan. Secara umum perairan lautnya mempunyai konfigurasi dari mulai datar sampai melandai kearah laut, dan beberapa daerah perairan terdapat yang bertubir curam. Kedalaman airnya bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter dengan dasar perairan sebagian besar berpasir dan berkarang.  

wisata bahari Kepulauan Selayar, Takabone Rate, Sulawesi selatan
Kawasan wisata bahari ini sangat cocok untuk selam, snorkeling, berlayar, dan memancing. Program pengembangan wisata bahari di kepulauan ini adalah sebagai hub wisata cruise internasional, regional, dan cruise kapal tradisional seperti phinisi Nusantara.
gambar wisata bahari selayar
Kab. Selayar dijuluki Tana Doang. Jika diartikan dapat dipahami sebagai tanah tempat berdoa, konon dahulu pulau ini memang sangat strategis dijadikan tempat berlindung dari bajak-bajak laut yang mengganas di perairan sekitarnya (jujur ane juga tidak tau tentang ini).

wisata bahari Teluk Tomini, Kepulauan Tongean, Sulawesi Tengah
Kepulauan ini ideal untuk kegiatan selam dan snorkeling. Program pengembangan di kawasan ini antara lain penyediaan fasilitas marina, yacht, kapal phinisi dan sea plane dengan kemintraan masyarakat dengan pelaku usaha pariwisata.
gambar laut tomini
mantap tenyata provinsi sulawesi tengah tempat ane lahir dan besar masuk nominasi juga ya, tapi kenapa ya bunaken tidak masuk????
silahkan tanya sumbernya( okezone ), yang saya baca selain 3 wisata bahari di sulawesi unggulan indonesia, masih ada tempat wisata bahari indonesia lain yang berada di luar pulau sulawesi seperti :
  1. Kepulauan Padaido, Biak, Papua
  2. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur
  3. Pulau Nias dan Kepulauan Mentawai, Sumatra Utara
  4. Kepulauan Raja Ampat, Papua barat
  5. Kepulauan Ujung Kulon dan Anak krakatau, Banten
  6. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
  7. Kepulauan Bali dan Lombok
  8. Balerang, Kepulauan Riau
  9. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
sebenarnya masih banyak wisata bahari yang indah-indah di indonesia khususnya sulawesi. jadi buat anda yang tertarik datang ke sulawesi silahkan deh hubungi ane biar ane temani kesana kemarinya.yang penting ongkosnya situ yang tanggung,gmana????? sekian postingan saya tentang wisata bahari di sulawesi unggulan indonesia

No comments:

Post a Comment

Follow